Hagia Sophia

08 April 2024

Beberapa Tanda Penyakit Jantung yang Bisa Terlihat dari Kaki

Ilustrasi kesehatan jantung. (Foto: Getty Images/Eoneren)

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang berbahaya. Tak heran, penyakit jantung hingga saat ini juga menjadi salah satu kondisi penyebab kematian tertinggi di dunia.

Penting untuk masyarakat mengetahui ciri atau tanda penyakit jantung. Selain rasa nyeri di bagian dada, rupanya ada beberapa tanda penyakit jantung yang jarang diketahui dan bisa dilihat dari kaki. Apa saja ya?

Dikutip dari Mirror, belum lama ini American Academy of Dermatology (AAD) mengungkapkan bahwa pembengkakan, benjolan tidak wajar, dan jari kaki berubah biru mungkin dapat menjadi gejala penyakit jantung.

"Tanda peringatan dapat muncul pada kulit dan kuku Anda, itulah sebabnya dokter kulit Anda mungkin menjadi dokter pertama yang mengetahui bahwa Anda menderita penyakit jantung," tulis laporan dari ahli AAD.

"Jika Anda tahu apa yang harus dicari, Anda juga dapat menemukannya tanda-tanda peringatan penyakit jantung pada kulit dan kuku Anda," sambungnya.

Ahli AAD menuturkan bahwa penyakit jantung sering kali menyebabkan penumpukan cairan di bagian kaki dan bisa meluas hingga kaki bagian atas. Kondisi ini dikombinasikan dengan warna kulit biru atau ungu yang mungkin juga menandakan adanya pembuluh darah yang tersumbat dan tidak mendapat cukup oksigen.

"Tanpa pengobatan, kekurangan oksigen dapat menyebabkan kulit dan jaringan di bawahnya akhirnya mati," tambahnya.

Infeksi pembuluh darah dan penyakit jantung yang terkait juga sering muncul sebagai benjolan di kaki atau 'endokarditis infektif'. Benjolan tersebut dapat bertahan selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Meskipun benjolan bisa hilang dengan sendirinya, pasien masih memerlukan pengobatan untuk infeksi. Infeksi ini muncul disebabkan oleh bakteri.

Temuan dari AAD ini juga didukung oleh profesional kesehatan yang berbasis di Sydney, Australia Dr John Cummins. Ia menuturkan sepanjang pengalamannya berpraktik, kaki bengkak, jari kaki biru, dan benjolan kaki yang nyeri bisa menjadi indikator sirkulasi yang buruk.

"Ketika jantung tidak memompa secara efisien, darah dapat berkumpul di ekstremitas, sehingga menyebabkan gejalanya, seperti retensi cairan di kaki sebagai contoh," kata Cummins.

"Saya telah melihat bahwa jari kaki yang berwarna biru secara spesifik dapat menunjukkan kurangnya oksigen dalam darah, kemungkinan tanda dari jantung yang bermasalah," sambungnya.

Untuk menjaga jantung tetap sehat, pola makan rendah lemak dan tinggi serat sangat diutamakan. Menghindari makanan mengandung lemak jenuh dan terlalu tinggi garam juga sangat disarankan. Keduanya sangat berdampak pada kesehatan jantung dan peredaran darah.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 Tanda 'Red Flag' Penyakit Jantung yang Bisa Terlihat pada Kaki, Seperti Apa?"