Hagia Sophia

08 April 2024

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Selama Diperjalanan Mudik

Foto: Shutterstock

Kelelahan adalah kondisi yang wajar dialami oleh para pemudik. Lamanya waktu perjalanan serta kondisi jalanan yang menuntut untuk fokus setiap saat kerap menjadi penyebab utamanya.

Meski terkesan sepele, kelelahan saat mudik dapat menimbulkan dampak yang tidak main-main. Selain meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, kelelahan juga membuat pemudik lebih mudah terpapar penyakit akibat infeksi virus maupun bakteri.

Lantas, bagaimana cara mensiasati agar tidak mudah kelelahan saat perjalanan mudik. Menurut praktisi kesehatan dr Yuhana Fitra, SpPD, kelelahan saat perjalanan sebenarnya dapat dicegah sebelum aktivitas mudik itu dimulai.

"Untuk menghindari kelelahan, kadang-kadang kita biasa ya, besok mau mudik, aduh tanggal 11, tanggal 10 selesai kantor langsung berangkat. Nah, itu kalau bisa dihindari, baiknya 1 atau 2 hari sebelum mudik itu kita sudah istirahat," ujar dr Yuhana dalam wawancara bersama detikcom baru-baru ini.

"Kadang kita memang kejar-kejaran nih supaya nggak macet, daripada kena macet. Tapi balik lagi namanya juga mudik, pasti kena macet, diprioritaskan tubuh dalam kondisi fit setelah beraktivitas dari kegiatan kantor sebelum mudik," sambungnya.

Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi, dr Yuhana juga menganjurkan untuk membawa teman sebagai pengemudi pengganti. Dengan demikian, pemudik dapat memiliki waktu istirahat yang memadai meski sedang dalam perjalanan.

"Yang kedua, kalau memungkinkan, supaya temen-temen tidak kelelahan, ada pengemudi pengganti, ada teman yang bisa membawa kendaraan. Just in case dalam keadaan emergency, dalam kondisi mengantuk, macet, dan sebagainya, ada nanti yang bisa menggantikan temen-temen untuk mengemudi," tuturnya.

Selain itu, dr Yuhana juga menyarankan agar pemudik merencanakan waktu keberangkatan sedemikian rupa, sehingga saat malam atau dini hari datang, pemudik sudah berada di tempat tertentu untuk beristirahat.

"Bila memungkinkan, atur jadwal supaya pada waktu malam hari atau dini hari di saat kantuk tidak bisa dihindari, kita sudah ada di tempat tertentu yang memungkinkan untuk istirahat, seperti di rest area, hotel, motel, ataupun tempat lain yang memungkinkan untuk istirahat," ucapnya.

"Jadi untuk menghindari kelelahan, pastikan istirahat dulu sebelum mudik. Yang kedua ada teman yang bisa bergantian. Yang ketiga atur itinerary-nya gitu. Itu untuk menghindari kelelahan," pungkas dr Yuhana.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mudik Anti Kelelahan Selama di Jalan? Begini Tips dari Internis"