Hagia Sophia

08 April 2024

Menurut Sopir AKAP, Ini Waktu Paling Rawan Microsleep

Bus AKAP siap mengangkut pemudik di Terminal Pulo Gebang (Foto: Haifa Nur Raidah/detikHealth)

Kerap ditakuti para pemudik, microsleep sudah jadi risiko yang dihadapi dalam keseharian para sopir bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Mereka pun berbagi pengalaman.

Rendra (36) misalnya, mengaku pernah mengalami kantuk yang tak tertahankan hingga sempat terlelap sekian detik. Saat itu, ia dalam perjalanan menuju Madura dengan membawa sekitar 30 penumpang.

"Ketiduran beberapa detik pernah. Tapikan nggak oleng, karena inikan (stir bus) masih stabil. Tergantung drivernya juga," jelas Rendra saat diwawancarai detikcom di terminal Pulo Gebang, Jumat (5/4/2024).

"Nggak ngeh, tiba-tiba kaya hilang kesadaran berapa detik gitu, sepersekian detik," tambahnya.

Belajar dari pengalaman, Rendra mengidentifikasi waktu-waktu rawan microsleep dan berusaha mengantisipasinya. Menurutnya, serangan kantuk paling parah bukan pada malam hari tetapi justru pada dinihari menjelang pagi.

"Nahan ngantuknya susah itu kalau udah mulai jam empat pagi, subuh itu mata udah mulai agak ngantuk. Makanya, aplus gantian itu biasanya pagi," terang Rendra.

Hal yang sama juga dialami sesama sopir bus, Adang (32). Berdasarkan pengalamannya, Adang menyebut risiko microsleep erat kaitannya dengan pengaturan waktu istirahat dan bukan jenis kendaraan yang dibawa.

"Mau bawa kendaraan kecil, besar, semua, pasti itu pasti ngantuk. Jadi mah tergantung kita ngatur istirahatnya," terang Adang.

"Ya kalau saya pribadi ngatasinnya seringkali sering turun dulu, muter-muter bus dulu, ya keluar keringet lah intinya," tambah Adang.

"Beda-beda orang, ada yang cuci muka dulu, minum kopi dulu, kalau saya cuci muka dulu malah makin ngantuk," pungkasnya.

Menurut praktisi kesehatan tidur, dr Paulina Thiomas Ulita, SpS dari Mayapada Hospital Tangerang, yang terpenting dalam mencegah microsleep saat mudik adalah tidur cukup. Menurutnya, tidur cukup dapat mengembalikan kesegaran tubuh sehingga tubuh lebih siap untuk beraktivitas baik di siang hari maupun malam hari.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Waspada! Ini Waktu Paling Rawan Microsleep Menurut Pengalaman Sopir AKAP"