Hagia Sophia

08 April 2024

Kisah Sopir AKAP Melawan Microsleep dalam Perjalanan Mudik

Para driver AKAP juga menghadapi risiko microsleep di perjalanan mengantar para pemudik (Foto: Haifa Nur Raidah/detikHealth)

Ancaman microsleep tak cuma dialami pemudik yang bawa kendaraan sendiri. Driver bus AKAP (Antara Kota Antar Provinsi) juga kerap mengalami suka duka mengatasi risiko tersebut.

Di balik antusiasme mudik, terdapat ancaman highway hipnosis memang kerap mengintai supir bus. Terlebih supir bus dengan rute antar provinsi yang memerlukan waktu tempuh lebih lama. Seperti Adang (34) yang sering terkena highway hipnosis ketika mengantarkan penumpang lintas provinsi.

"Kalau bawa bus yang saya rasain (gampang ngantuk) tuh di tol. Kalau tol kan kebanyakannya track lurus, itu yang bikin sering ngantuk," jelas Adang saat diwawancarai detikcom di terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2024).

Untuk mensiasati rasa kantuk akibat highway hipnosis, pria asal Bandung tersebut mempunyai beberapa cara yang salah satunya melakukan kegiatan ringan agar berkeringat.

"Kalau saya pribadi biasanya turun dulu, muter-muter mobil. Harus keluar keringat lah. Yang pasti minum kopi, makan cemilan lah gitu. Tapi kalau sekarang mah, minum kopi tetep ngantuk kalau ngantuknya udah berat ya," terang Adang.

Hal yang sama dirasakan juga oleh Rendra (36) seorang supir bus AKAP asal Semarang dengan rute akhir Madura. Menurutnya, mengantuk saat di jalan tol dapat disebabkan oleh rasa lelah dan tubuh yang minim melakukan pergerakan, sehingga cepat bosan.

"Yang sering ngantuk itu di tol. Karena kan jalannya lurus, jadi agak jenuh gitulah. Apalagi kalau di depan itu jarang ada yang ngajak ngobrol, kernetnya tidur," jelasnya pada tim detikcom dalam kesempatan yang sama.

Bagi Rendra, lebih baik berkendara di jalan biasa dengan banyak kelokan dan pemberhentian dibandingkan dengan berkendara di jalan tol.

"Biasanya kejadian yang ngantuk tiba-tiba oleng tuh di tol sih. Kan itu lurus, bikin bosen. Kalau nggak ada temennya, ngantuk. Malah lebih enak jalan biasa, kita kan jadi fokus terus," tutupnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cerita Para Sopir AKAP Melawan Microsleep dan Highway Hypnosis di Jalur Mudik"