Hagia Sophia

08 April 2024

Diimbau Paling Lama di Rest Area 30 Menit, Cukupkah?

Biar tidak numpuk, pemudik diimbau tidak berhenti lebih dari 30 menit saat di rest area. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Mencegah penumpukan, para pemudik diimbau tidak berhenti lebih dari 30 menit di rest area. Untuk istirahat dan antre toilet, kira-kira cukup nggak sih?

Saat perjalanan jauh dan mengendarai mobil pribadi, memang disarankan untuk secara berkala beristirahat selama 30 menit. Tujuannya untuk memulihkan kondisi agar tidak mengatuk dan mengalami microsleep yang kerap berakibat fatal.

"Teorinya kan kita berhenti dua jam selama 30 menit," kata praktisi kesehatan RS Abdi Waluyo, dr Yuhana Fitra, SpPD dalam perbincangan dengan detikcom baru-baru ini.

Namun jika dibatasi hanya boleh berhenti selama 30 menit, dr Yuhana menilai penerapannya akan sulit. Di rest area, kebutuhan para pemudik bukan cuma mengistirahatkan badan tetapi juga untuk keperluan lain seperti makan dan buang air besar maupun kecil.

"Kalau 30 menit agak susah sih sebenarnya, karena kan biasanya kita dateng sometimes bisa berdelapan. Satu orang ngantre pipis udah bisa lebih dari 30 menit, belum nanti gantian misal ibu-ibu dulu pipis, ibu-ibu pipis udah lebih dari 30 menit, gantian bapak-bapak pipis, belum solat belum makan, agak susah sih kalau dibatasin 30 menit," tambahnya.

"Mungkin kalau dibatasi 3 jam atau 2 jam masih reasonable ya, tapi kalau 30 menit itu agak susah," tegasnya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh dr Paulina Thiomas Ulita, SpS, praktisi kesehatan tidur dari Mayapada Hospital Tangerang. Menurutnya, kebutuhan istirahat masing-masing individu berbeda tergantung banyak faktor termasuk durasi dan jarak tempuh.

"Jadi memang agak aneh juga sih kalo dibuat peraturan seperti itu, lagi pula bagaimana mereka ngatur waktu masuk dan keluar mobil?" kata dr Paulina.

"Tetapi mungkin itu cuma himbauan saja untuk mengingatkan kita kalau secukupnya saja istirahat, supaya mobil lain juga bisa masuk atau bergantian, itu aja sih kemungkinan menurut saya," lanjutnya.

Untuk diketahui, pembatasan waktu berhenti di rest area selama maksimal 30 menit hingga saat ini hanya berupa imbauan untuk menghindari penumpukan. Tidak ada larangan tegas, apalagi sanksi bagi yang tidak mematuhi imbauan tersebut.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Maksimal 30 Menit di Rest Area, Yakin Cukup? Begini Pandangan Medisnya"