Hagia Sophia

31 March 2023

Meskipun Terlihat Segar, Minuman Ini Tidak Dianjurkan untuk Buka Puasa

Minuman manis merupakan minuman yang sebaiknya dihindari ketika berbuka puasa. (Foto: Thinkstock)

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang di Indonesia untuk berbuka dengan yang manis-manis, tak terkecuali dalam hal minuman. Namun rupanya, ada tiga jenis minuman yang tidak dianjurkan dokter untuk disantap saat berbuka puasa.

Mengingat, segala sesuatu yang dikonsumsi kala berbuka bisa berdampak pada kesehatan, termasuk jenis cairan yang diminum. Kebutuhan asupan cairan pada tubuh harus tercukupi agar tidak menimbulkan dehidrasi.

Dehidrasi bisa menyebabkan berbagai macam gangguan, seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, rasa lelah yang berlebih, kulit kering, dan sebagainya. Oleh karena itu, menjaga asupan saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap terhindar dari dehidrasi merupakan hal yang penting.

Berikut adalah sejumlah minuman yang sebaiknya dihindari ketika berbuka puasa, dikutip dari berbagai sumber.

1. Teh atau kopi

Dikutip dari Dubai One, kandungan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh dapat menyerap cairan dalam tubuh dan malah membuat semakin haus dan meningkatkan rasa lapar.

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda bisa menyebabkan permasalahan pencernaan. Minuman jenis ini bisa menimbulkan rasa kembung dan menurunkan kualitas pencernaan sehingga tidak baik dikonsumsi saat berbuka.

3. Minuman bergula tinggi

Dikutip dari Daily Trust, minuman dengan kandungan gula yang terlalu tinggi lebih baik dihindari karena tidak mengandung nutrisi yang baik dan tinggi kalori.

Bila dikonsumsi secara berlebih setiap hari, dapat berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan dan masalah kesehatan lainnya

Dibandingkan ketiga minuman di atas, lebih baik untuk tetap mengonsumsi air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa. Air putih adalah jenis cairan yang sangat penting bagi tubuh kala berpuasa.

Selain itu, bila mencari opsi lain selain air putih, minuman elektrolit juga dianjurkan untuk dikonsumsi. Salah satu contohnya adalah air kelapa. Cairan-cairan elektrolit bisa membantu menghidrasi tubuh dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Segar Sih, tapi Rupanya 3 Minuman Ini Tak Dianjurkan Dokter buat Berbuka"