Hagia Sophia

31 March 2023

Tips untuk Membuang dan Mengatasi Bisul Secara Alami dengan Cepat

Ilustrasi bisul. Foto: ilustrasi/thinkstock

Obat bisul alami dapat menyembuhkan bisul yang muncul di beberapa area tubuh manusia seperti wajah, leher, ketiak, bahu, dan juga bokong. Biasanya kulit pada area sekitar munculnya bisul akan terasa nyeri dan berwarna merah.

Bisul bisa terjadi karena adanya infeksi pada folikel rambut yang membuat kulit bengkak, bernanah, dan memberikan efek nyeri. Kemunculan bisul seringkali membuat aktivitas menjadi tidak nyaman.

Pada dasarnya, bisul akan menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu dua minggu. Jangan khawatir, kamu tidak harus menunggu selama dua minggu untuk menyembuhkan bisul tersebut.

Simak ulasan di bawah ini tentang obat bisul alami hingga kebiasaan yang menyebabkan munculnya bisul.

Obat Bisul Alami

Dikutip dari situs healthline, kamu bisa basmi bisul dengan menggunakan 10 obat alami berikut ini:

1. Kompres Hangat
Kompres hangat bisa meningkatkan sirkulasi pada kulit yang dapat membawa sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi seperti bisul. Menghangatkan bisul bisa kamu lakukan dengan mudah dan hemat biaya tentunya.

Cukup oleskan kompres hangat pada area bisul selama 10-15 menit sebanyak 3 - 4 kali sehari. Lakukan rutin hingga bisul menyusut dan menghilang.

2. Minyak Pohon Teh
Penelitian pada tahun 2022 membuktikan bahwa adanya antibakteri dan antiseptik yang kuat pada minyak pohon teh. Kandungan ini bisa menjadi obat bisul alami yang dapat kamu gunakan.

Cukup oleskan langsung pada kulit, dan jangan kaget akibat efek rasa terbakar yang muncul. Kamu juga bisa mencampur 5 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok teh minyak kepala/ minyak zaitun untuk hasil lebih maksimal.

3. Bubuk Kunyit
Bubuk kunyit yang mengandung curcumin memiliki kandungan antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu bisul lebih cepat sembuh. Kamu bisa menelan bubuk kunyit atau mengoleskan langsung pada bisul.

Untuk bubuk kunyit bisa kamu campur dengan air putih atau susu. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 3x sehari hingga bisul sembuh.

4. Minyak Jarak
Minyak jarak memiliki senyawa yaitu asam risinoleat yang merupakan anti-inflamasi alami yang cukup ampuh. Jika dikombinasikan dengan potensi antibakterinya, minyak jarak bisa menjadi obat bisul alami yang bagus untuk dicoba.

5. Minyak Nimba
Minyak nimba diyakini memiliki antiseptik, antibakteri, dan antimikroba yang dapat meredakan infeksi kulit, termasuk bisul. Minyak nimba juga dikenal dengan lilac India.

Kamu bisa mengoleskan minyak nimba pada bisul sebanyak 4x sehari. Namun, jika muncul reaksi alergi, kamu bisa segera menghentikan obat bisul alami yang satu ini.

6. Bawang Bombay Mentah
Bawang bombay mentah juga bisa menjadi salah satu obat bisul alami dengan dioleskan pada bagian kulit yang terkena bisulan. Salah satu penelitian tahun 2022 membuktikan bahwa bawang bombay mentah memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah infeksi dari bisuk terbuka.

7. Bawang Putih Segar
Bawang putih segar memiliki antimikroba yang dapat menyembuhkan bisul dan mencegah infeksi kulit. Sebuah studi dari tahun 2015 mencatat bahwa menggunakan ekstrak bawang putih segar dapat membantu mengurangi resistensi bakteri tertentu terhadap antibiotik dalam mencegah infeksi.

8. Jahe
Secara umum, senyawa dalam jahe mengandung antimikroba dan anti-inflamasi. Jahe juga diyakini memiliki mikroba umum yang dapat melawan bakteri dan patogen potensial lain pada kulit.

9. Tridax Daisy
Tridax daisy juga dikenal dengan kancing mantel, yang merupakan tanaman berbunga asli Amerika tropis. Orang-orang sering menganggapnya sebagai gulma.

Gel yang terbuat dari tanaman ini diyakini memberi khasiat penyembuhan luka, karena memiliki antibakteri. Meski tidak langsung menyembuhkan bisul, namun setidaknya tanaman ini dapat mencegah infeksi menjadi lebih buruk. Caranya pun cukup gampang, yaitu dengan dioleskan pada bagian bisul tersebut.

10. Garam Epsom
Garam epsom atau garam Inggris ini bukanlah garam untuk campuran bumbu ketika memasak. Garam ini digunakan untuk bahan campuran berendam dan membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah bisulan.

Garam ini terbukti dapat membantu mengeringkan nanah, dan membuat bisul mengering. Cukup larutkan garam epsom dalam air hangat, dan kompres pada bisul selama 20 menit sebanyak 3x sehari hingga bisul menghilang.

Cara Mencegah Bisul

Untuk menekan risiko munculnya bisul, kamu bisa lakukan beberapa hal untuk menghambat faktor penyebabnya misal:
  • Menjaga kebersihan tubuh dengan baik.
  • Mencukur rambut di beberapa bagian tubuh dengan tepat.
  • Sembuhkan luka-luka kecil pada tubuh untuk terhindar dari infeksi.
  • Mengobati jerawat atau eksim yang muncul .
  • Menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari infeksi bakteri.
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang terkena bisulan.
  • Pada intinya, menjaga kebersihan tubuh adalah hal yang utama. Hal ini dilakukan agar tubuh terhindar dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya gangguan pada kulit seperti bisul.
Itulah beberapa cara yang bisa kamu cobakan untuk mengatasi pertumbuhan bisul yang sangat mengganggu. Namun, jika bisul tidak menunjukkan penyembuhan atau bahkan bertambah parah, kamu bisa melakukan kontrol pada dokter ahli untuk penyembuhannya.





















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Obat Bisul Alami, Cuma Perlu Waktu Penerapan 15 Menit"