Hagia Sophia

09 December 2023

Tips Bersihkan Lendir di Tenggorokan dan Paru-paru

Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

Biasanya, kita akan menemukan lendir di bagian belakang tenggorokan atau di paru-paru. Paparan polusi seperti asap rokok, alergi, infeksi bisa membuat dada mungkin terasa penuh, meradang, hingga sesak.

Hal itu juga yang memunculkan lendir berlebih di dalam tubuh. Bronkiektasis dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) merupakan kondisi kesehatan yang biasanya mengalami lendir di paru-paru.

Bagian penting dalam menangani penyakit paru-paru yaitu dengan membersihkan lendir yang disebut juga dahak, phlegm atau sputum. Ketahui beberapa cara alami untuk mengatasi lendir di paru-paru, di bawah ini.

Cara Mengeluarkan Lendir di Paru-paru dan Tenggorokan

Berikut adalah beberapa pengobatan sebagai cara alami yang bisa membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan paru-paru:

1. Minum Cairan Hangat
Dilansir dari laman Verywell Health, minum cairan hangat akan membantu dalam mengencerkan lendir yang mengental. Kamu bisa mencoba untuk minum air hangat dengan perasan air lemon, teh, atau kaldu hangat.

2. Gunakan Minyak Kayu Putih
Dalam sebuah penelitian tahun 2015 oleh Holger Sudhoff, dkk., dari Department of Otolaryngology, Klinikum Bielefeld, Jerman, menyebutkan bahwa selama bertahun-tahun para ahli telah menggunakan produk kayu putih dalam meredakan batuk dan mengurangi lendir.

Seringnya, orang mengaplikasikan kayu putih langsung ke dada. Namun, seseorang juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih saat mandi air hangat atau ke dalam diffuser untuk membantu membersihkan hidung.

3. Oleskan Lap Basah Hangat ke Wajah
Dikutip dari laman Medical News Today, kain lap yang dibasahi dengan air hangat, menjadi cara alami untuk menenangkan sakit kepala dengan sinus yang berdebar kencang.

Dengan menghidup kain lembap ini, bisa dijadikan cara cepat untuk mengembalikan kelembapan tenggorokan dan hidung.

4. Secara Diam-diam Buang Dahak
Ketika lendir atau dahak naik dari paru-paru ke tenggorokan, biasanya tubuh sedang berusaha untuk mengeluarkannya. Jadi, meludahkannya akan lebih sehat daripada ditelan.

5. Berkumur dengan Air Garam
Berkumur air garam membantu menenangkan tenggorokan yang teritasi, sekaligus membantu untuk menghilangkan lendir. Kamu bisa tambahkan satu sendok teh garam, ke segelas air hangat lalu berkumur beberapa kali dalam sehari.

6. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat akan memunculkan banyak uap, yang bisa membantu melonggarkan dan membersihkan lendir di hidung serta tenggorokan. Ketika mandi, biarkan air hangat mengalir di wajah karena membantu untuk meredakan tekanan sinus.

7. Menjaga Kelembapan Udara
Udara yang kering bisa mengiritasi tenggorokan dan hidung, yang membuat lebih banyak lendir. Oleh karena itu, menempatkan humidifier (Pelembab kabut dingin) di kamar tidur, akan menjaga hidup tetap bersih sekaligus mencegah dari penyakit tenggorokan.

8. Hindari Merokok dan Perokok Pasif
Pasalnya, menjadi perokok pasif dan merokok merupakan hal yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lendir dan dahak.

Batuk terkontrol, pernapasan dalam, fisioterapi dada, serta terapi alternatif akan membantu dalam mengurangi, mengencerkan, hingga mengeluarkan lendir. Hal tersebut menjadi upaya dalam mencegah infeksi paru-paru.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Cara Alami untuk Membersihkan Lendir di Tenggorokan dan Paru-paru"