Hagia Sophia

09 December 2023

Ditemukan Lebih 60 Cacing Hidup di Mata Wanita Ini

Ilustrasi pasien. (Foto: iStock)

Dokter mengeluarkan lebih dari 60 cacing hidup dari mata seorang wanita di Kunming, China.

Wanita yang tidak disebutkan namanya itu mulanya hanya merasa gatal pada matanya. Suatu hari, ketika menggaruk matanya, ia terkejut melihat seekor cacing parasit jatuh dari matanya. Dikutip dari Mirror, Jumat (8/12/2023), ia sangat ketakutan dan dilarikan ke rumah sakit setempat.

Setelah diperiksa, para petugas medis menemukan bahwa ruang antara bola mata dan kelopak mata wanita ini dipenuhi cacing.

Dokter mengeluarkan lebih dari 40 cacing hidup dari mata kanannya dan lebih dari 10 dari mata kirinya. Secara keseluruhan, lebih dari 60 parasit diangkat dari matanya, menurut laporan media lokal.

dr Guan, seorang dokter yang melakukan prosedur tersebut, mengatakan bahwa kasus ini adalah kasus yang langka karena jumlah parasit yang ditemukan sangat banyak.

Para dokter meyakini bahwa ia terinfeksi oleh cacing gelang dari jenis Filarioidea. Infeksi ini biasanya ditularkan melalui gigitan lalat.

Namun, wanita tersebut beranggapan bahwa kemungkinan besar ia tertular dari anjing atau kucing yang membawa larva menular di tubuh mereka. Ia berpikir, dirinya mungkin menyentuh hewan-hewan tersebut dan menggosok mata sesaat setelahnya.

Setelah prosedur itu, ia diminta untuk kembali melakukan pemeriksaan rutin karena kemungkinan terdapat sisa larva yang tertinggal di matanya.

Dokter juga menyatakan bahwa ia harus selalu mencuci tangan segera setelah menyentuh hewan peliharaan.

Sebagai informasi, beberapa spesies cacing gelang diketahui dapat menetap di konjungtiva mata. Kasus ini biasanya lebih sering ditemukan di Afrika dibandingkan di China.

Cacing ini biasanya dikaitkan dengan risiko peradangan, tetapi kebutaan juga dapat terjadi pada kasus-kasus tertentu.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bikin Merinding, Dokter Temukan 60 Cacing Hidup di Mata Wanita Ini"