Hagia Sophia

09 December 2023

Bebeapa Makanan Ini Bagus untuk Bersihkan Ginjal

Foto: Freepik

Mengkonsumsi makanan tertentu bisa membersihkan ginjal (detoksifikasi ginjal), sehingga secara alami membantu menjaga kesehatan ginjal.

Saat ginjal tidak bekerja dengan baik, racun bisa berkembang dalam tubuh. Racun tersebut akan menghambat fungsi normal ginjal, hati, hingga organ penting lainnya.

Dalam menjaga kebersihan ginjal, kita perlu memilih makanan yang menunjang kesehatan ginjal. Terutama bagi mereka penderita penyakit ginjal.

Makanan yang Baik untuk Ginjal

Tujuan pembersihan ginjal yaitu untuk mendetoksifikasi ginjal guna meningkatkan kesehatan ginjal sekaligus mencegah batu ginjal.

Berikut adalah makanan yang baik untuk membersihkan ginjal:

1. Anggur
Dilansir dari laman Healthline, anggur mengandung senyawa yang disebut resveratrol sebagai anti inflamasi.

Sebuah penelitian pada hewan tahun 2016 oleh Ming Wu, dkk., yang dimuat dalam Nephrology Dialysis Transplantation, menunjukan bahwa pengobatan dengan resveratrol mampu untuk menurunkan peradangan ginjal pada tikus penderita penyakit ginjal polikistik.

2. Kranberi
Kranberi termasuk buah yang bagus untuk ginjal. Buah ini bisa dijadikan tambahan manis untuk campuran salad, oatmeal, atau makanan ringan hingga dibuat jus.

Uji klinis tahun 2013 oleh Alexandra E Burleigh, dkk., dari University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi cranberry kering manis setiap hari selama 2 minggu, mengalami penurunan kejadian infeksi saluran kemih.

3. Rumput Laut
Penderita penyakit ginjal bagus untuk makan rumput laut. Pasalnya, rumput laut coklat memberikan efek menguntungkan bagi pankreas, ginjal, dan hati.

Dalam uji coba pada hewan tahun 2014, tikus yang diberi makan rumput laut selama 22 hari menunjukkan penurunan kerusakan ginjal dan hati akibat diabetes.

Kamu bisa mencoba untuk makan sebungkus rumput laut kering yang sudah dibumbui, sebagai camilan renyah.

4. Makanan dengan Kalsium Tinggi
Konsumsi kalsium berikatan dengan oksalat, yang bermanfaat mengurangi penyerapan dan ekskresi zat oksalat urin yang bisa menyebabkan batu ginjal.

Kamu bisa memenuhi anjuran asupan kalsium harian sebanyak 1,2 gram. Adapun makanan tinggi kalsium yang baik untuk ginjal, di antaranya:
  • Tahu
  • Susu kedelai atau almond
  • Sereal

5. Lemon dan Jeruk
Lemon dan jeruk mengandung asam sitrat. Di mana, sitrat bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Dengan mengikat kalsium dalam urine, kandungan tersebut akan membantu menghambat pertumbuhan kristal kalsium sebagai penyebab batu ginjal.

Selain itu, minum segelas jus segar setiap hari juga menambah asupan cairan harian yang direkomendasikan.

Menerapkan pola sehat dengan mengkonsumsi makanan di atas bisa membantu membersihkan ginjal bagi penderita penyakit ginjal. Sementara, bagi mereka yang sehat makan makanan yang baik untuk ginjal tadi bisa mendukung kesehatan ginjal.

Bagi mereka yang punya riwayat masalah ginjal, sebelum mengkonsumsi sesuatu sebagai upaya pembersihan ginjal, lebih baik bicarakan terlebih dahulu dengan penyedia layanan kesehatan.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "5 Makanan Pembersih Ginjal, Wajib Dicoba!"