Hagia Sophia

09 December 2023

Ramalan Kiamat Menurut Stephen Hawking

Foto: Getty Images/Bulgac

Siapa sih yang tidak kenal Stephen Hawking? Ilmuwan fisika asal Inggris ini sempat menggegerkan dunia karena teorinya mengenai black hole atau lubang hitam.

Selama masa hidupnya, Stephen Hawking bisa dibilang ilmuwan yang sangat vokal dalam menyuarakan pendapatnya tentang nasib bumi, seperti ramalan kiamat.

Sayangnya, fisikawan ini telah menghembuskan napas terakhirnya di usia ke 76 tahun. Stephen Hawking sempat memberikan beberapa ramalan, seperti ramalan tentang masa depan, mulai dari topik alien, hingga ramalan kiamat tentang berakhirnya dunia. Berikut ini beberapa prediksi Stephen Hawking dilansir laman BBC dan Mirror UK.

Ramalan Kiamat Versi Stephen Hawking

1. Bumi Berubah Menjadi Bola Api
Ramalan kiamat yang pertama dari Stephen Hawking adalah bumi berubah menjadi bola api. Hawking berteori bahwa manusia akan mengubah planet Bumi menjadi bola api raksasa pada tahun 2600. Teorinya ini berlandaskan karena kepadatan penduduk dan konsumsi energi berlebihan akan membuat planet Bumi terbakar.

Jika Bumi terbakar, maka akan berubah menjadi bola api, sehingga tidak bisa dihuni. Untuk menyelamatkan diri, manusia diharuskan pergi ke planet lain. Oleh karena itu, dalam 100 tahun ke depan manusia seharusnya menjelajahi planet agar bisa menemukan pengganti Bumi dan menghindari kepunahan.

Hawking menyampaikan teorinya ini pada Tencent WE Summit Beijing, di mana para ilmuwan dari berbagai dunia berkumpul dan berbagi ide. Hawking sendiri menjadi bagian dari Breakthrough Starshot, yang sedang berencana membuat pesawat ruang angkasa dengan cahaya ultra untuk mencari planet layak huni.

Katanya, jika pesawat ini berhasil dikembangkan, maka bisa mencapai planet Mars hanya dalam waktu kurang dari satu jam, melewati Pluto dalam hitungan hari, melewati Voyager dalam waktu kurang dari seminggu, bahkan mencapai Alpha Centauri dalam waktu lebih dari 20 tahun.

2. Bumi Dikuasai Robot atau AI
Ramalan kiamat kedua dari Stephen Hawking adalah tentang bagaimana robot dan AI akan menguasai dunia. Hawking mengatakan bahwa kemunculan dari kecerdasan buatan (AI) bisa menjadi peristiwa terburuk dalam sejarah peradaban manusia. Kecuali jika manusia mampu menemukan cara untuk mengendalikan perkembangannya.

Hawking juga mengatakan bahwa teknologi seperti robot dan AI mampu memberantas penyakit dan kemiskinan. Namun perkembangan yang terlalu pesat juga akan merugikan manusia ke depannya. Hawking mengungkapkan ketakutannya akan AI yang kelak menggantikan manusia.

3. Perang Antar Manusia
Perang antar manusia menjadi ramalan kiamat dari Stephen Hawking. Hawking menyampaikan ketakutannya mengenai konflik dan agresi yang akan dilakukan oleh umat manusia kepada manusia yang lain. Misalnya adalah terjadi perang sesama manusia.

Jika ditilik kembali, ini bukanlah merupakan sesuatu yang mustahil. Pasalnya, bumi dihuni oleh 8 miliar jiwa, yang mana konflik dan perang saudara akan sulit untuk dihindari ke depannya. Inilah yang akan menjadi awal dari kehancuran dan kiamat di Bumi.

4. Alien di Luar Angkasa
Sebagai seorang ilmuwan fisikawan, tak heran rasanya jika Hawking banyak menghabiskan waktunya untuk mengamati ruang angkasa. Pada tahun 2015, Hawking bersama dengan miliarder Rusia, berencana untuk meluncurkan sebuah proyek berupa komputer bertenaga tinggi yang mampu mendengarkan keberadaan alien.

Proyek ini dikenal dengan Breakthrough Initiatives, merupakan sebuah eksperimen ilmiah yang ada di University of California, Berkeley. Hawking percaya bahwa ada alien yang sedang mengamati manusia dari kejauhan. Hawking juga mengatakan bahwa Bumi sudah mencapai titik tanpa harapan.

5. Donald Trump
Ramalan kiamat terakhir dari Stephen Hawking adalah mengenai Donald Trump. Kamu mungkin bingung, apa hubungannya kiamat dengan Donald Trump? Hawking berpendapat bahwa keputusan Donald Trump dalam menolak untuk menandatangani perjanjian perubahan iklim Paris, bisa membuat bumi di ambang kehancuran.

Hal ini dikarenakan, perjanjian tersebut dilakukan untuk mengatasi ancaman pemanasan global. Jika ditolak, maka dipastikan tidak bisa mengatasi pemanasan global yang sedang terjadi. Hawking mengatakan bahwa keputusan Donald Trump akan membuat Bumi menjadi seperti Venus.

Kenapa demikian? Dengan membiarkan pemanasan global tanpa diatasi, maka planet Bumi akan mirip seperti Venus yang memiliki suhu dua ratus lima puluh derajat dan akan muncul hujan asam sulfat di Bumi. Menurut Hawking, perubahan iklim menjadi salah satu bahaya besar yang bisa mengancam Bumi.




























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "5 Ramalan Kiamat Versi Stephen Hawking, Ada Perang Antar Manusia"