Hagia Sophia

09 December 2023

Yayu Unru Meninggal Usai Dua Kali Terkena Serangan Jantung

Foto: dok. Instagram Yayu Unru

Aktor senior Yayu Unru meninggal dunia pada hari ini, Jumat (8/12/2023), pada pukul 07.05 WIB. Yayu meninggal di usia 61 tahun.

Sebelumnya, Yayu dilaporkan terkena serangan jantung sebanyak dua kali dalam kurun waktu yang tidak lama dan sempat dirawat di rumah sakit. Namun, serangan jantung yang diterima Yayu sangat parah.

"Jadi bapak kena dua kali serangan. Serangan pertama itu jam 21.00 WIB dan langsung dibawa ke IGD," ujar anaknya, Naza Unru, Kamis (7/12/2023), satu hari sebelum aktor tersebut meninggal.

"Malam itu direncanakan untuk operasi pasang ring jam 07.00, tapi ternyata bapak kena serangan kedua jam 06.00 pagi," sambungnya.

Apa Pemicu Serangan Jantung Berulang?

Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Vito A Damay dari RS Siloam Lippo Karawaci menjelaskan, seseorang bisa terkena serangan jantung karena penyempitan pembuluh darah akibat plak yang tertumpuk. Plak yang tertumpuk di aliran darah ini akan membuat asupan darah terhambat ke seluruh tubuh.

Ketika terkena serangan jantung, prosedur yang dilakukan dokter bisa dengan pemasangan ring atau operasi bypass. Namun, dokter jantung juga akan menjaga agar tidak terjadi kemacetan ulang seperti memberikan obat pengencer darah, obat kolesterol, dan obat jantung lainnya.

"Terlepas dari kasus tersebut, memang seseorang bisa mengalami serangan jantung berulang-ulang. Bisa dalam waktu beberapa bulan, tahun, atau bahkan beberapa minggu," jelas dr Vito.

Selain itu, ada beberapa penyebabnya antara lain:
  • Bagi pengidap diabetes, gula tidak terkendali, jarang minum obat, atau tidak teratur
  • Darah tinggi tidak terkontrol
  • Obesitas
  • Tidak olahraga teratur
  • Kolesterol tinggi
  • Masih merokok
  • Tidak teratur minum obat pasca serangan jantung sebelumnya, pemasangan ring atau operasi bypass.
Jika seseorang yang sempat mengalami serangan jantung tetapi kolesterolnya tetap tinggi, tekanan darah tinggi, malas minum obat dan bergerak, hingga pola makan tidak sehat, risiko terkena serangan jantung berulang akan semakin tinggi.

"Kalau seseorang faktor risikonya bisa terkontrol dengan baik dan teratur minum obat, maka jarang sekali serangan jantung berulang," tutur dr Vito.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Yayu Unru Meninggal Pasca 2 Kali Kena Serangan Jantung, Inikah Pemicunya?"