Hagia Sophia

09 December 2023

Ini Posisi Tidur Ibu Hamil yang Aman

Foto: iStock

Ibu hamil mengalami berbagai perubahan tubuh yang signifikan selama kehamilan. Perubahan tersebut seringkali menyebabkan ketidaknyamanan, termasuk dalam hal posisi tidur.

Seiring dengan perkembangan kehamilan, posisi tidur yang biasa digunakan sebelum hamil mungkin menjadi kurang nyaman atau bahkan tidak disarankan untuk kesehatan ibu dan janin.

Lantas, bagaimana posisi tidur ibu hamil yang aman tetapi tetap nyaman? Simak penjelasan berikut ini.

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Aman

Dilansir dari berbagai sumber, posisi tidur terbaik selama kehamilan adalah di sisi kiri dengan lutut ditekuk saat perut sudah mulai membesar. Tidur seperti ini tidak hanya nyaman, tapi juga baik untuk aliran darah ibu hamil dan bayi.

Tidur di sisi kiri membantu aliran darah ke organ-organ penting dan bayi, meningkatkan fungsi ginjal, juga mengurangi risiko bengkak di kaki. Tidur di sisi kanan sebaiknya hanya dilakukan sebentar karena dapat memberi tekanan pada hati.

Dari minggu ke-28 sampai kelahiran, disarankan tidur di sisi untuk menghindari tekanan pada pembuluh darah utama dan mengurangi risiko kematian janin.

Agar lebih nyaman, lutut bisa ditekuk dan meletakkan bantal di antaranya, juga gunakan bantal di bawah perut.

Posisi Tidur Ibu Hamil yang Perlu Dihindari

Dilansir dari laman American Pregnancy dan Sleep Foundation, posisi tidur selama kehamilan perlu diperhatikan secara cermat untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan ibu hamil.

Ibu hamil disarankan untuk menghindari tidur telentang selama trimester kedua dan ketiga kehamilan. Posisi ini dapat meningkatkan risiko nyeri pinggang bawah, masalah pernapasan, dan tekanan darah rendah.

Tidur telentang juga dapat menyebabkan tekanan berlebih pada aorta dan vena cava akibat berat rahim sehingga akan menghambat jantung memompa aliran darah ke ibu hamil dan janin.

Meskipun ada penelitian yang mencatat bahwa risiko ini mungkin belum signifikan hingga minggu ke-30 kehamilan, disarankan agar ibu hamil tetap berhati-hati dan memilih posisi tidur yang lebih aman, seperti tidur pada sisi, terutama pada sisi kiri.

Demikian pula dengan tidur tengkurap, posisi dianggap aman di awal kehamilan, namun sulit dilakukan setelah trimester kedua atau ketika perut semakin membesar.

Penggunaan bantal berbentuk donat dengan lubang di tengah dapat membantu menciptakan kenyamanan saat tidur dalam posisi ini.

Tips Tidur Nyaman Untuk Ibu Hamil

Tidur nyaman selama kehamilan dapat dicapai dengan beberapa tips berikut:
  1. Pastikan kaki dan lutut ditekuk, dan gunakan bantal di antara kaki untuk meredakan tekanan pada punggung.
  2. Tempatkan bantal di antara kaki, di bawah perut, atau di bagian bawah punggung. Anda juga dapat menggunakan bantal tubuh dirancang khusus untuk mendukung ibu hamil.
  3. Tinggikan ujung kepala kasur atau tempat tidur agar tidur dengan sedikit tegak.
  4. Gunakan kasur atau topper kasur yang mengurangi titik tekan, seperti topper kasur berbentuk telur, dapat membantu mengatasi nyeri pinggul dari tidur di sisi.
  5. Biasakan tidur di sisi kiri sebab dapat memberikan banyak manfaat termasuk meningkatkan aliran darah ke bayi.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Posisi Tidur Ibu Hamil yang Nyaman dan Aman untuk Janin"