Hagia Sophia

30 March 2023

Tips Hilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah dengan Bahan Alami

Ilustrasi karang gigi. Foto: Shutterstock

Karang gigi adalah lapisan tipis (plak) di rongga mulut yang menumpuk hingga akhirnya mengeras. Plak sebetulnya terbentuk alami setelah makanan dan minuman yang melalui rongga mulut bereaksi dengan bakteri.

Adanya karang menyebabkan gigi terlihat menghitam dengan lapisan berwarna kuning coklat, hingga berlubang. Karang gigi juga mengakibatkan gusi bengkak, iritasi, berdarah, dan muncul bau mulut.

Dengan risiko tersebut, karang gigi wajib segera ditangani. Salah satunya dengan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Jika cara ini tidak menunjukkan perbaikan, Detikers bisa segera ke dokter gigi.

14 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami

Dikutip dari putneydentalcare.com.au, cara dan bahan ini bisa menjadi alternatif penanganan karang gigi. Perlu diperhatikan, cara berikut tidak dapat menggantikan efektivitas rajin gosok gigi dan konsultasi ke dokter gigi.

1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus Untuk Karang Gigi
Menggosok gigi dengan pasta gigi biasa dapat menghilangkan bau mulut dan sisa-sisa makanan di mulut. Detikers bisa menggunakan pasta gigi dengan formula khusus untuk karang gigi, yang berbahan alami.

Carilah pasta gigi dengan kandungan fluoride yang berfungsi untuk memperbaiki enamel gigi yang rusak. Selain itu, untuk membunuh bakteri penyebab karang gigi, kandungan triclosan pada pasta gigi akan sangat membantu.

2. Baking Soda
Baking soda dapat mencegah dan menangani karang gigi. Kandungan sodium bikarbonat dapat membantu menghaluskan karang gigi dan menyeimbangkan asam di mulut yang menyebabkan plak serta menghentikannya bertransformasi menjadi karang.

Dengan sifatnya yang abrasif, baking soda dapat menjadi pilihan yang efektif untuk menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Namun gunakanlah sedikit saja agar tidak merusak enamel gigi. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan baking soda, pasta gigi, dan air saat menggosok gigi.

3. Cuka Putih
Berkumur dengan cuka putih dapat membantu menghilangkan karang di sekitar gigi dan gusi. Cuka putih berfungsi sebagai antibakteri alami yang membantu menghaluskan karang gigi jika digunakan sekali atau dua kali sehari sebagai obat kumur.

Campurkan 2 cangkir air hangat, 2 sendok teh cuka putih, dan sejumput garam. Gunakan sebagai obat kumur selama beberapa menit setelah atau saat menggosok gigi. Hindari melakukan ini jika memiliki luka terbuka di sekitar area mulut.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya berfungsi sebagai anti bakteri sehingga membantu mencegah plak dan menghilangkan penumpukan karang gigi. Selain itu, lidah buaya juga berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat menenangkan gusi yang teriritasi.

Sebagai cara alami menghilangkan karang gigi, lidah buaya digunakan dalam bentuk jus. Selanjutnya, jus dicampur air sebagai obat kumur atau campur dengan pasta gigi dan gunakan untuk gosok gigi.

5. Kulit Jeruk
Kulit jeruk kaya akan kandungan Vitamin C, atau yang dikenal juga dengan Ascorbic Acid. Kandungan ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi. Secara alami, vitamin C dapat mengurangi karang gigi yang menumpuk dan melawan bakteri pembentuk plak.

Cara menggunakannya adalah dengan menggosok bagian dalam kulit jeruk pada gusi dan gigi. Cara lainnya adalah menumbuk bagian dalam kulit jeruk dengan air dan gunakan saat menyikat gigi. Lakukan ini 2-3 kali per minggu dan selalu akhiri dengan berkumur air hangat.

6. Biji Wijen
Biji wijen mengandung kalsium yang tinggi, berfungsi sebagai mineral untuk menguatkan enamel gigi. Mengunyah biji wijen dapat membantu menghilangkan plak.

Cara penggunaannya adalah, segenggam biji wijen dikunyah hingga menjadi bubur dan digunakan untuk menyikat gigi kering selama 2 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

7. Makanan Pedas
Makanan pedas memicu produksi air liur di mulut meningkat, yang dapat membantu membersihkan gigi. Air liur juga dapat mendorong sisa makanan dan bakteri ke tenggorokan untuk pencernaan.

Hal ini dapat meminimalisir peluang plak gigi mengalami mineralisasi dan berubah menjadi karang gigi. Tentunya cara ini harus dibarengi konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih baik.

8. Minyak Kelapa
Latihan Ayurveda biasanya mengoleskan minyak kelapa di sekitar mulut selama 5-20 menit di pagi hari. Minyak kelapa ini mengandung antioksidan dan antibakteri sehingga dapat membantu melawan bakteri di mulut yang menyebabkan plak dan karang gigi.

Bahan ini dapat menjadi cara alami menghilangkan karang gigi dengan menambahkan 1 sendok teh minyak kelapa ke dalam mulut. Selanjutnya kumur hingga melewati celah gigi selama mungkin. Setelah itu Detikers dapat menyikat gigi seperti biasanya.

9. Jambu Biji
Jambu biji adalah buah anti plak yang bagus untuk menjaga kesehatan gusi. Mengunyah jambu mentah dicampur garam sekali atau dua kali sehari dapat meredakan gusi bengkak dan nyeri yang diakibatkan oleh karang gigi.

Tidak hanya buahnya, daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai obat alami. Detikers cukup mencuci daun jambu biji secukupnya dan kunyah selama 2 menit setiap harinya.

10. Tomat dan Stroberi
Kandungan vitamin C pada buah tomat dan stroberi dapat mencegah dan mengurangi plak-plak gigi yang kemudian menumpuk dan membentuk karang. Vitamin ini berfungsi sebagai anti mikroba dan anti bakteri untuk melawan bakteri penyebab plak.

Caranya adalah hancurkan buah stroberi dan tomat hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke gigi Anda dan biarkan selama 5 menit sebelum membilasnya dengan air. Gunakanlah selama dua kali seminggu hingga Anda melihat perbedaannya.

11. Menggunakan Obat Kumur (Mouthwash)
Sebagai cara alami menghilangkan karang gigi, obat kumur yang digunakan sebaiknya berbahan natural. Obat kumur juga harus mengandung cetylpyridinium chloride (CPC) and tranexamic acid (TXA).

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov dalam riset tahun 2017, kandungan CPC dan TXA berfungsi mengurangi plak penyebab karang gigi secara signifikan. Bahan ini mencegah pembengkakan dan pendarahan akibat karang gigi dengan penggunaan tiap hari selama 6 minggu.

12. Merawat Gigi dengan Baik
Jika sudah menyangkut kesehatan gigi dan mulut, pencegahan jauh lebih baik daripada mengobati. Sebelum menumpuk menjadi karang, lapisan tipis pembentuk plak dan karang bisa dibersihkan dengan rajin sikat gigi.

Pembersihan bisa menggunakan sikat gigi dan benang gigi (flossing), untuk menjangkau area sela-sela gigi dan gusi. Cara lain adalah mengunjungi dokter gigi dua kali setahun untuk check up dan membersihkan area mulut.

13. Memperhatikan Konsumsi Makanan dan Minuman
Membatasi asupan tinggi gula dan pati dapat menjadi cara alami menghilangkan karang gigi. Cara ini juga membantu mencegah terjadinya karang baru dalam rongga mulut.

Asupan tinggi gula bila bergabung dengan bakteri di mulut akan menggerogoti enamel gigi. Minum air atau menyikat gigi setelah makan dan minum dapat membantu menghilangkan bakteri ini dan menghentikan perkembangan karang gigi.

14. Mengurangi Kebiasaan Merokok
Kebiasaan merokok sudah terbukti dapat memperburuk kesehatan mulut dan gigi. Orang yang merokok lebih rentan untuk memiliki karang gigi dibanding yang tidak merokok.

Perokok aktif dengan karang gigi yang membandel sebaiknya segera mengurangi kebiasaan merokok, agar tidak memperparah kondisi kesehatan mulut. Jangan lupa konsultasi pada dokter gigi sambil terus melakukan cara alami menghilangkan kadar gigi.

Apa yang Terjadi Jika Karang Gigi Tidak Diobati?

Karang gigi tidak hanya akan mengganggu penampilan saat tersenyum. Jika tidak dirawat, karang gigi dapat memicu permasalahan gigi yang lebih serius. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan gigi karena bakteri yang ada akan menggerogoti email gigi.

Selain itu, penyakit gusi yang lebih serius juga tidak dapat dihindari, seperti periodontal ketika gusi sudah menyusut dan menjauh dari gigi. Jika karang gigi sudah menyebar lebih dalam ke gusi, maka dapat berpotensi untuk kehilangan gigi.

Cara paling efektif menghilangkan karang gigi adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi profesional. Karang gigi yang parah dan membandel memerlukan perawatan-perawatan khusus sebelum nantinya menimbulkan penyakit yang lebih serius.

Namun, 14 cara alami menghilangkan karang gigi dapat dicoba dengan menerapkan konsistensi dan ketelatenan serta kunjungan ke dokter gigi. Semoga artikel ini bermanfaat!























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "14 Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami di Rumah"