Hagia Sophia

30 March 2023

Varian Baru COVID-19 Sudah Tercatat di Singapura dan Brunei, Ini Imbauan Dokter

Ilustrasi COVID-19 di DKI. (Foto: Agung Pambudhy)

Baru-baru ini India kembali dihantui lonjakan COVID-19 anak baru Omicron varian Arcturus. Dalam sehari, kasus COVID-19 tercatat lebih dari 1.000 kasus dari yang sebelumnya hanya 300-an kasus. Selain itu kasus penularan Omicron varian Arcturus juga sudah tercatat di Singapura dan Brunei.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dr Ngabila Salama menyebut DKI Jakarta sejauh ini masih nihil kasus Omicron baru Arcturus atau XBB.1.16. Hal tersebut didapatkan dari pengumpulan sequencing sejumlah sampel pasien baru COVID-19.

"Belum ditemukan XBB 1.16 atau varian Arcturus di DKI Jakarta. Varian tersebut menyebabkan peningkatan kasus di India," terang dr Nadia kepada detikcom melalui keterangan tertulis Kamis (30/3/2023).

"Dari hasil pemeriksaan genome sequencing yang rutin dilakukan, belum ditemukan XBB.1.16."

Lebih lanjut, dr Ngabila mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik merespons kemunculan subvarian baru Omicron tersebut. Mengingat, gejala yang ditimbulkan masih relatif ringan.

Tren kasus COVID-19 di DKI Jakarta beberapa pekan bahkan lebih dari sebulan terakhir berada di fase terkendali. Angka perawatan inap COVID-19 dan kasus kematian juga konsisten rendah.

"Meski demikian, ancaman Long COVID-19 juga tidak boleh disepelekan sehingga mencegah sakit adalah yang terbaik dengan memakai masker di tempat sangat ramai, transportasi publik, dan jika sedang sakit. Hindari bertemu orang yang sedang sakit," pesan dia.

dr Ngabila mengimbau masyarakat untuk segera melanjutkan vaksinasi COVID-19 booster kedua selama stok tersedia dan bisa diakses secara gratis. Adapun stok vaksin COVID-19 yang bisa diterima adalah jenis Pfizer, Inavac, Indovac, Pfizer.

"Bisa diberikan untuk usia 12 tahun ke atas dan Inavac serta Indovac adalah vaksin buatan dalam negeri yang diberikan untuk usia 18 tahun ke atas. Dosis 1 dan 2 bisa berbeda merek, dosis 3 mengikuti merek dosis 4 dan dosis 4 mengikuti merek dosis 3," tuturnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Varian Baru Omicron Arcturus Sudah Sampai Negara Tetangga RI, DKI Aman?"