Hagia Sophia

02 May 2023

Tips Hilangkan Rasa Nyeri Karena Asam Urat

Cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Staras)

Jika asam urat tiba-tiba kambuh maka seseorang mungkin akan segera mencari cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat. Pasalnya, serangan asam urat bisa sangat menyakitkan dan kadang kala terjadi secara tiba-tiba.

Selama serangan asam urat, gejala pada persendian yang terkena mungkin termasuk:
  • Rasa sakit yang teramat sangat
  • Perubahan warna atau kemerahan
  • Kekakuan
  • Pembengkakan
  • Perasaan terbakar
Asam urat sebenarnya adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting, seperti mengatur pertumbuhan sel dan menyediakan energi.

Pada kondisi normal ini, asam urat akan larut dalam darah dan dikeluarkan oleh urine. Jika ini tidak dikeluarkan, maka asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebih.

Kadar asam urat dalam darah yang berlebih ini akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Inilah yang nantinya akan menyebabkan peradangan sehingga pengidapnya akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya terjadi di kaki.

Makanan dan minuman yang mengandung purin dapat menjadi salah satu faktor yang meningkatkan kadar asam urat. Makanan dikatakan mengandung tinggi purin apabila melebihi 200 mg per 100 gram berat makanan. Contohnya makanan ini adalah aneka jeroan, seafood, dan kacang-kacangan.

Cara Menghilangkan Nyeri Asam Urat dengan Cepat

Biasanya, seseorang yang rentan terkena serangan asam urat akan diresepkan obat untuk menurunkan asam urat dalam tubuh oleh dokter. Namun, jika tidak, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

1. Minum banyak air putih
Ketika seseorang mengidap asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejalanya adalah dengan minum banyak air putih.

Meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal seseorang untuk mengeluarkan cairan berlebih, mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

Air adalah pilihan yang terbaik. Namun, cairan bening lainnya, seperti teh herbal, juga merupakan pilihan yang baik. Namun, penting untuk menghindari minuman alkohol dan soda karena mengandung purin tinggi.

2. Mengompres dengan Es
Mengompres es dengan kain tertutup ke sendi yang nyeri dapat membantu mengurangi peradangan terkait asam urat.

Coba tempelkan kompres es atau benda dingin lainnya yang dibungkus dengan handuk tipis selama 20-30 menit untuk membantu meredakan nyeri.

3. Mengurangi stres
Stres yang meningkat justru dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghilangkan semua sumber stres, tips berikut mungkin dapat membantu:

  • Berolahraga jika rasa sakit tidak membatasi pergerakan
  • Meminta cuti dari pekerjaan
  • Menulis jurnal atau membaca buku favorit
  • Bermeditasi
  • Istirahat yang cukup
4. Mengangkat sendi yang sakit
Asam urat dapat menyebabkan nyeri dan bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki. Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan meninggikan sendi yang terkena. Ini dapat mendorong darah dan cairan menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

5. Minum air lemon
Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa menambahkan jus dua buah lemon ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi asam urat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh sehingga membantu menurunkan kadarnya.

6. Minum kopi
Beberapa orang percaya minum kopi dapat menurunkan risiko mengalami asam urat. Analisis pada tahun 2016 menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak kopi memiliki kemungkinan lebih kecil mengidap asam urat. Ini mungkin karena kopi dapat menurunkan kadar asam urat.

Pada tahun 2019, sebuah analisis juga melaporkan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko asam urat.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Cara Menghilangkan Nyeri Asam Urat dengan Cepat"