Hagia Sophia

02 May 2023

Beberapa Tips Agar Semangat Kerja Usai Libur Panjang

Ilustrasi (Foto: Getty Images/AsiaVision)

Kembali ke kantor dan menjalani rutinitas usai libur panjang bisa menjadi hal yang sulit. Perasaan santai yang diperoleh dari waktu libur kini digantikan dengan stres dan kecemasan tentang semua tugas yang perlu dikerjakan.

Kerap kali seseorang merasa sedih, kesepian, lelah, lesu, kecewa, dan mengalami tekanan mental setelah melewati masa liburan panjang. Fenomena ini kerap disebut sebagai post holiday blues.

"Menantikan sesuatu seperti masa liburan bisa membuat merasa semangat, namun ketika perayaan itu telah berlalu, rasa kehilangan semangat itu bisa terasa buruk," jelas Naomi Torres-Mackie, PhD, psikolog klinis dari Lenox Hill Hospital, dikutip dari Health.

Akan tetapi, hari pertama kembali bekerja tidak harus terasa melelahkan. Dikutip dari Forbes, terdapat beberapa tips untuk kembali bekerja dengan segar dan siap menghadapi tantangan pekerjaan.

1. Temui Tim Kerja
Adakan rapat atau 'debriefing' untuk bertemu dengan anggota tim. Rapat penting dilakukan karena memberikan tim kesempatan untuk menyebutkan hal-hal yang mungkin terlewatkan dalam surel. Ini juga dapat memberi kesempatan untuk melihat apakah ada perubahan dalam suatu prioritas pengerjaan tugas.

2. Tuliskan Tujuan untuk Minggu Ini
Sebelum menyelami surel dan pesan, duduklah dengan selembar kertas dan tuliskan tujuan untuk minggu ini. List ini dapat berubah tergantung pada prioritas. Selain itu, hal ini juga dapat dilakukan untuk mengejar hal yang tertinggal.

3. Mulai dengan 'Me Time'
Berlibur menjadi waktu untuk refreshing. Namun, segala tugas yang tertinggal selama liburan bisa menjadi beban yang luar biasa. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan melakukan 'me time' sebelum mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Bangun satu jam lebih awal untuk melakukan peregangan, berdoa, bermeditasi, dan minum teh untuk membuat tubuh siap menghadapi hari. Barulah selanjutnya mulai melakukan pekerjaan.

4. Prioritaskan Daftar Tugas
Saat kembali ke kantor, jumlah pekerjaan yang harus dilakukan seakan menggunung. Namun, sebenarnya tidak semua hal membutuhkan perhatian. Jadi selalu ingat aturan 80/20: 80 persen hasil berasal dari 20 persen usaha. Buat perbedaan yang jelas antara mendesak dan penting, tetapkan prioritas untuk setiap tugas dan siapkan waktu untuk menyelesaikannya.

5. Siapkan Waktu untuk 'Catch-Up'
Siapkan satu hari untuk mengerjakan hal yang tertinggal selama liburan. Meluangkan waktu untuk mengejar ketinggalan di hari pertama kembali bekerja bisa menghasilkan kejernihan mental untuk merencanakan sisa minggu ini dengan benar.

6. Kerjakan Satu per Satu
Cobalah tiba di rumah setidaknya dua hari sebelum kembali bekerja. Ini dapat membantu mengatasi jet lag. Ketika kembali bekerja, lakukan tugas satu per satu. Misalnya, siapkan waktu satu hingga dua jam untuk membaca surel, lalu lakukan rapat, dan kembali mengerjakan tugas lain.

Kuncinya adalah berfokus pada satu hal pada satu waktu dan tidak melompat dari tugas ke tugas.

7. Mulai dengan Tugas yang Paling Mengintimidasi
Mulai kembali bekerja setelah liburan panjang bisa menjadi hal yang menakutkan. Jika memainkan peranan penting dalam perusahaan, seseorang mungkin dihadapkan dengan tumpukan tugas yang tampak mendesak. Salah satu tips terbaik adalah dengan mengerjakan tugas yang paling menakutkan terlebih dahulu.

Dengan mengerjakan tugas yang menyebabkan kecemasan mental paling besar, ini akan membuat seseorang fokus pada tugas pekerjaan lainnya untuk hari itu.

8. Tidak Perlu Terburu-buru
Tidak perlu terburu-buru ketika mengerjakan tugas pekerjaan. Jangan pula abaikan kesehatan diri dengan tidak berolahraga atau sarapan. Kembali ke rutinitas dengan perlahan dan cari alur yang cocok untuk kembali ke rutinitas.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Tips Kembali Produktif dan Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang"