Hagia Sophia

02 May 2023

Juri MasterChef Asal Australia Meninggal, Diduga Karena Kanker Usus

Juri MasterChef Australia Jock Zonfrillo meninggal dunia (Foto: Sam Tabone/Getty Images)

Juri MasterChef Australia Jock Zonfrillo meninggal dunia, Minggu (30/4/2023) di usia 46 tahun. Pihak keluarga mengonfirmasi kematiannya pada Senin kemarin.

Zonfrillo ditemukan tewas di sebuah rumah di Melbourne ketika polisi melakukan pemeriksaan kesejahteraan pada dini hari Senin. Polisi Victoria mengatakan kematian itu tidak dianggap mencurigakan.

"Dengan hati yang benar-benar hancur dan tanpa mengetahui bagaimana kita bisa menjalani hidup tanpa dia, kami sangat terpukul untuk berbagi bahwa Jock meninggal kemarin," kata keluarga Zonfrillo dalam sebuah pernyataan.

Menurut laporan dari The Daily Mail, Zonfrillo disebut diam-diam berjuang melawan kanker usus selama bertahun-tahun sebelum meninggal. Ia disebut merahasiakan pertempuran melawan penyakit kanker dan menerima perawatan intensif ketika MasterChef tidak sedang syuting.

Laporan tersebut juga menyebut koki TV yang sangat dicintai itu pertama kali dirawat karena kanker usus dengan kemoterapi dan radioterapi beberapa tahun yang lalu, sebelum sembuh pada tahun 2016.

Kanker tersebut kemudian dilaporkan terdeteksi lagi pada Mei 2021, dengan Zonfrillo menjalani perawatan kemoterapi pada bulan berikutnya.

"Saya diberi tahu alasan mengapa dia tidak mengungkapkan kondisi medisnya adalah karena dia tidak ingin orang-orang mengasihani dia, atau memperlakukannya secara berbeda," kata seorang sumber kepada outlet pada tahun 2021, kutipan yang tidak dipublikasikan hingga hari ini.

Meskipun demikian sampai saat ini masih belum diketahui penyebab pasti kematian dari juri MasterChef Australia tersebut. Polisi kini tengah mendalami kasus dan mempersiapkan laporan kematiannya.

Tentang Kanker Usus

Kanker usus (bowel cancer) adalah istilah umum yang dipakai pada penyakit kanker yang dimulai pada area usus. Namanya akan jadi lebih spesifik tergantung di mana kanker tersebut tumbuh, misalnya kanker usus besar.

Dikutip dari National Health Service UK (NHS) kanker ini berkembang dari lapisan dalam usus dan didahului oleh pertumbuhan polip atau jaringan berbentuk tungkai yang tumbuh di dalam organ tubuh. Namun, tidak berarti seseorang akan terkena kanker usus jika di dalam tubuhnya terdeteksi polip.

Beberapa polip hilang dengan sendirinya, dan beberapa tidak berubah. Hanya sedikit yang tumbuh dan akhirnya berkembang menjadi kanker usus selama beberapa tahun.

Penyebab kanker usus sampai saat ini masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena kanker. Adapun faktor risikonya, seperti:

Usia
Menurut National Cancer Institute, kanker usus lebih rentan terjadi pada usia lanjut, yakni antara 60-an hingga 70-an tahun.

Jenis Kelamin
Berdasarkan statistik, wanita lebih rentan mengidap penyakit ini daripada pria.

Genetik
Riwayat penyakit yang diturunkan dari keluarga.

Merokok dan Minum Alkohol
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok dan minum alkohol dapat dikaitkan dengan kanker usus kecil.

Paparan Bahan Kimia
Bahan kimia tertentu, seperti vinil klorida, dioksin, dan herbisida dosis tinggi yang mengandung asam fenoksiasetat, dianggap sebagai faktor risiko kanker usus untuk jenis sarkoma tertentu, kemungkinan termasuk sarkoma di usus kecil.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Juri MasterChef Australia Jock Zonfrillo Meninggal, Disebut Idap Kanker Usus"