Hagia Sophia

01 October 2023

Waspadai Kolesterol Tinggi yang Sering Tidak Disadari

Foto ilustrasi: Thinkstock

Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat membawa banyak masalah kesehatan, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Kolesterol adalah zat lilin seperti lemak yang diproduksi oleh hati untuk pembentukan membran sel, vitamin D, dan penyeimbang hormon.

Masalah kesehatan ini biasanya muncul akibat terlalu pola hidup yang tak sehat, seperti banyak makanan mengandung lemak jahat dan kurang aktif bergerak fisik. Penumpukan kolesterol tidak menunjukkan gejala apapun hingga mencapai tingkat yang berbahaya dan mulai memengaruhi kehidupan sehari-hari. Seiring waktu dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Dikutip dari WebMD berikut tanda-tanda tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi dan berbahaya.

1. Xanthoma
Xanthoma terjadi karena pertumbuhan benjolan lunak berwarna kekuningan di bawah kulit. Bisa muncul di bagian mana saja, tapi paling sering di area mata.

2. Impotensi
Pada pria, impotensi mungkin disebabkan oleh terlalu banyak kolesterol darah. Impotensi adalah penumpukan kolesterol dalam darah yang menciptakan plak di pembuluh darah arteri sehingga menghalangi aliran darah ke penis.

3. Tangan dan kaki mudah kesemutan
Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan darah mengental, sehingga mengganggu kelancaran sirkulasi darah ke saraf.

4. Nyeri pada kaki
Ketika kadar kolesterol dalam darah berada di tingkat yang ekstrem, hal itu mulai mempengaruhi tendon Achilles di kaki. Ketika arteri di kaki tersumbat, jumlah darah yang kaya oksigen tidak mencapai bagian tersebut. Hal ini dapat membuat kaki terasa berat dan lelah.

Kebanyakan pengidap ini mengeluh nyeri seperti terbakar di tungkai bawah. Rasa sakit ini bisa terjadi di bagian kaki mana pun seperti paha atau betis. Biasanya dirasakan ketika berjalan, meskipun dalam jarak yang dekat.

5. Kaki pucat
Penurunan aliran darah juga bisa mengubah warna kuku kaki dan kulit. Hal ini terjadi karena sel-sel tidak mendapatkan nutrisi yang tepat akibat berkurangnya aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen. Kulit akan menjadi pucat dan kencang dan kuku kaki menebal dan tumbuh perlahan.

6. Kram di malam hari
Kondisi ini seringkali terjadi pada setiap orang karena salah posisi tidur. Bedanya, kram yang diakibatkan oleh kadar kolesterol yang tinggi itu terjadi di area telapak kaki, jari-jari, dan tumit.

Satu-satunya cara untuk mencegahnya adalah dengan melakukan pemeriksaan darah secara teratur. Tentunya, disertai dengan menjaga pola makan yang sehat dan rajin berolahraga.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Diam-diam Mematikan, Waspadai 6 Gejala Kolesterol Tinggi yang Kerap Tak Disadari"