Hagia Sophia

01 October 2023

Badan Wasit Liga Inggris Akui Terjadi Kesalahan VAR, Ini Kata Klopp

istimewa

Badan Wasit Premier League (PGMOL) mengakui terjadi kesalahan VAR saat gol Luis Diaz dianulir. Manajer Liverpool menyebut itu sudah enggak ada gunanya lagi.

Liverpool dirugikan gol Luis Diaz yang dianulir, saat kalah 1-2 dari Tottenham Hotspur, Sabtu (30/9/2023) malam WIB, di lanjutan Liga Inggris. Gol itu tercipta saat kedudukan masih 0-0, namun setelah Curtis Jones dikartu merah.

Keputusan wasit dan VAR menganulir gol itu menjadi kontroversi, karena keputusan diambil sangat cepat dan tidak ada tayangan analisis garis seperti biasanya. Sebelum PGMOL mengakui kesalahan, beIN Sport memberikan analisisnya sendiri dan memastikan Diaz dalam posisi onside.

Pada prosesnya Liverpool kebobolan oleh Son Heung-min dan menyamakan lewat Cody Gakpo. Drama berlanjut dengan kartu merah kedua untuk Liverpool usai Diogo Jota menerima dua kartu kuning.

Tak berhenti di sana, Liverpool ketiban sial pula di menit terakhir saat Joel Matip membelokkan umpan silang Pedro Porro ke gawang sendiri. Gol itu semacam rangkuman, bahwa segala sesuatu tak berjalan sesuai keinginan Liverpool malam tadi.

Pengakuan PGMOL tak cukup untuk membuat Manajer Liverpool Juergen Klopp legowo. Ia ingin ada pembenahan dalam sistem VAR.

"Enggak pengaruh buat kami. Saya enggak butuh itu, saya melihatnya kok. Saya tahu siapapun yang membuat kesalahan itu enggak sengaja. Itu enggak membantu," ujarnya kepada BBC.

"Mereka tak melakukannya dengan sengaja, saya tahu, tapi kesalahan-kesalahan terus terjadi. Kalau kita ingin bicara soal ini, lakukan dengan sepantasnya dan bukan dengan menciptakan judul-judul utama di media dari manajer-manajer yang emosional," imbuhnya.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Badan Wasit Akui Kesalahan, Klopp: Enggak Ngaruh buat Liverpool"