Hagia Sophia

01 October 2023

Penanaman Pohon untuk Solusi Pemanasan Global? Bill Gates: Tidak Masuk Akal

Bill Gates dan cucunya. Foto: Instagram

Bill Gates dikenal sebagai pecinta alam dan mengkampanyekan upaya mengantisipasi perubahan iklim. Bahkan tiap tahun, ia membeli energi bersih sebagai cara mengimbangi emisi karbon yang ia timbulkan. Namun ternyata, ia kurang menyarankan menanam pohon untuk menangkis perubahan iklim.

Dalam event The New York Times Climate Forward Summit, Gates mengatakan ia adalah klien utama di Climeworks, perusahaan yang mengembangkan teknologi untuk menangkap karbondioksida di udara.

Perusahaan ini telah melakukan berbagai macam hal, seperti membeli pompa panas listrik bagi keluarga berpenghasilan rendah dan panel surya. Nah, di sini ia menyinggung soal menanam pohon.

"Namun saya tidak menggunakan beberapa pendekatan yang kurang terbukti (untuk atasi perubahan iklim). Saya tidak menanam pohon," ujar Gates seperti yang dilansir detikINET dari Observer.

Gates berpikir bahwa menanam pohon untuk menyelesaikan permasalahan iklim itu tidak masuk akal.

"Itu sama sekali tidak masuk akal. Maksud saya, apakah kita orang-orang sains atau seorang idiot? Kita mau jadi yang mana?" Gates menjawab David Gelles, wartawan The New York Times, saat menyebut banyak orang yakin bila kita menanam cukup pohon, maka itu akan menyelesaikan isu iklim.

Ilmuwan iklim menemukan bahwa menanam banyak pohon hanya memiliki efek kecil dalam menghentikan pemanasan global. Hal ini dikarenakan butuh banyak waktu bagi pohon untuk menjadi dewasa dan menyerap cukup karbon.

Berdasarkan analisis dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Climate Interactive, menanam triliunan pohon hanya bisa menekan pemanasan 0,15 derajat Celcius di tahun 2100.

Sementara itu, teknologi penangkap karbon dari Climeworks, yang hanya membutuhkan lahan 0,42 hektar, mampu menangkap hingga 4 ribu ton CO2. Ini hampir seribu kali lebih efektif dari pohon di luas lahan yang sama.

Gates menyarankan agar kita melakukan pendekatan teknologi dalam mengatasi perubahan iklim sehingga tidak sekadar menanam pohon.

Bill dan Melinda Gates Foundation adalah pendonor utama dalam mengatasi isu iklim. Sedangkan Breakthrough Energy Ventures, merupakan perusahaan investasi miliknya yang mendukung lebih dari selusin perusahaan rintisan yang mengembangkan solusi energi ramah lingkungan.

"Saya adalah orang yang melakukan banyak hal pada isu iklim, dalam hal inovasi dan bagaimana kita bisa mencapai berbagai tujuan," ujar Gates.

Ia juga menekankan inisiatif pemerintah dalam memberikan peran di bidang iklim. Menurutnya, kebijakan seperti subsidi dan pajak karbon, seringkali tidak memadai.

"Saya yakin kita harus mengeluarkan banyak uang untuk perubahan iklim. Saya yakin kita harus menerapkan pajak karbon yang sangat tinggi. Namun kenyataan politiknya sedemikian rupa sehingga, tanpa inovasi, pendekatan brute force tidak akan berhasil, terutama di negara-negara berpendapatan menengah," ujar Gates.




























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Bill Gates: Pohon Solusi Pemanasan Global? Tidak Masuk Akal!"