Hagia Sophia

01 October 2023

Berbagai Varisasi Bentuk Payudara dan Cara Mengidentifiaksinya

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto

Mungkin banyak wanita yang khawatir dan kurang percaya diri dengan bentuk payudaranya. Sebenarnya payudara setiap wanita memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Tidak ada dua orang yang memiliki payudara yang persis sama.

Setiap payudara itu unik. Tidak masalah jika payudara memiliki bentuk dan ukuran yang khas. Satu-satunya hal yang tidak normal itu ketika muncul rasa sakit dan gejala gangguan kesehatan lainnya yang menyebabkan perubahan pada payudara.

Adanya perbedaan payudara setiap wanita merupakan hal yang normal. Itu bisa disebabkan oleh faktor genetik, usia, berat badan, dan juga tingkat hormon wanita.

Dikutip dari Healthline, ada berbagai variasi bentuk payudara dan cara mengidentifikasi bentuk payudara. Sekalipun payudara anda adalah tipe yang umum, tapi tetap memiliki variasi yang membedakannya dari payudara orang lain. Simak berikut ini.

1. Bentuk Archetype
Bentuk payudara pertama adalah archetype. Pada umumnya, payudara archetype memiliki bentuk yang penuh dan bundar. Selain itu, jenis payudara ini juga memiliki puting berukuran kecil.

2. Bentuk Asymmetrical
Payudara asymmetrical atau tidak simetris biasanya memiliki dua ukuran berbeda, yang satu kecil dan yang satu sedikit lebih besar. Bentuk payudara asymmetric atau asimetris ini terbilang umum terjadi lantaran hampir tidak ada orang yang memiliki payudara yang benar-benar simetris.

3. Bentuk Athletic
Bentuk payudara yang kedua adalah athletic. Berkaitan dengan ukuran serta otot dada yang berada di bawah payudara, payudara berbentuk athletic biasanya lebih lebar, lebih berotot, dan memiliki lebih sedikit jaringan.

4. Bentuk Bell
Bentuk payudara yang keempat adalah bell shape. Sesuai namanya, payudara bell shape memiliki bentuk lonceng yang lebih tipis di bagian atas dan lebih penuh di bagian bawah.

5. Bentuk Close Set
bentuk yang satu ini memiliki sedikit ruang celah antar payudara. Sekalipun ada celah itu sangat kecil di antara kedua payudara. Jadi, posisinya lebih dekat ke tengah dada.

6. Bentuk Conical
Payudara berbentuk conical yakni berbentuk kerucut, bukan bulat. Bentuk ini dianggap lebih umum ditemukan pada payudara yang lebih kecil dibandingkan payudara yang lebih besar.

7. Bentuk East West
Payudara east west memiliki puting yang tidak mengarah ke depan melainkan menunjuk ke arah luar yang berlawanan. Kendati terlihat aneh, faktanya payudara east west cukup umum terjadi.

8. Bentuk Round
Payudara round atau bulat, sepenuhnya melingkar serta terlihat sama antara bagian atas dan bawahnya.

Sering kali, bentuk payudara round juga terlihat asimetris. Contoh, payudara tidak bulat sempurna atau yang satu lebih terangkat dari yang lain.

9. Bentuk Side Set
Bentuk payudara side set memiliki banyak ruang yang cukup luas di bagian tengah. Seseorang bisa mengenakan bra yang dapat menarik payudara ke bagian tengah.

10. Bentuk Slender
Bentuk payudara slender cenderung ramping dan tidak memenuhi seluruh dada.

11. Bentuk Teardrop
Payudara ini berbentuk seperti tetesan air mata. Bagian bawahnya sedikit lebih penuh dibandingkan bagian atasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mengenal Bentuk-bentuk Payudara, Ada yang Bulat dan Mirip Lonceng"