Hagia Sophia

01 October 2023

Tottenham Vs Liverpool, Gol Luis Diaz Seharusnya Sah?

istimewa

Kekalahan dramatis di markas Tottenham Hotspur bakal terasa menyesakkan buat Liverpool. Bukan cuma karena kesialan yang terjadi, namun juga kontroversinya.

Liverpool kalah 1-2 saat bertandang ke Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (30/9/2023) malam WIB, dalam lanjutan Liga Inggris. 'Si Merah' sudah kehilangan pemain setelah Curtis Jones dikartu merah pada menit ke-25 oleh wasit Simon Hooper.

Son Heung-min membawa Spurs memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dengan gol pada menit ke-36. Liverpool lantas membalas melalui Cody Gakpo jelang turun minum.

Kartu merah lain harus diterima Liverpool di babak kedua. Diogo Jota menerima dua kartu kuning, memaksa timnya bermain dengan sembilan orang.

Pasukan Juergen Klopp tampil gigih membendung Spurs. Namun kesialan di menit terakhir masa injury time berbuah gol bunuh diri dari Joel Matip.

Bicara hasil, situasinya bisa saja berbeda jika gol Luis Diaz pada menit ke-34 tak dianulir. Gol itu dicoret VAR karena Diaz dianggap dalam posisi offside.


Namun tayangan ulang menunjukkan bahwa penyerang Liverpool itu diduga dalam posisi onside karena kaki dari bek terakhir Spurs. Momen ini menjadi lebih kontroversial karena VAR mengambil keputusan dengan sangat cepat dan bahkan tak menunjukkan garis-garis offside seperti lazimnya.

BeIN sports dalam ulasannya memasukkan garis analisis dan menemukan bahwa Diaz dalam posisi onside.

"Gol offside itu. Itu enggak offside kalau Anda perhatian, mereka salah menarik garis," ungkap Manajer Liverpool Juergen Klopp kepada Sky Sports.

Hasil di markas Tottenham menjadi kekalahan pertama Liverpool musim ini, setelah lima kemenangan dan sekali imbang. Mereka turun ke posisi empat klasemen Liga Inggris dengan 16 poin, dua poin di belakang Manchester City di pucuk.






























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Kontroversi Spurs Vs Liverpool: Gol Luis Diaz Seharusnya Sah?"