Hagia Sophia

01 October 2023

Beberapa RS Ini Miliki Teknologi Genomik, Apakah Itu?

Ilustrasi peneliti. (Foto: iStock)

Indonesia mulai memasuki babak baru dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya dengan menghadirkan teknologi genomik untuk menangani keluhan pasien.

Genomik adalah sebuah keilmuan yang fokus mempelajari gen-gen yang dimiliki mahluk hidup, termasuk manusia. Dengan penerapan ilmu genomik pada bidang kesehatan, diyakini pengobatan yang diberikan bisa lebih tepat dan terpersonalisasi.

Kini, pemanfaatan teknologi genomik di bidang kesehatan semakin dikembangan agar bisa menangani berbagai macam penyakit. Saat ini di Indonesia sudah ada 9 rumah sakit yang menerapkan teknologi genomik untuk menangani berbagai penyakit. Rumah sakit tersebut antara lain RSUPN Cipto Mangunkusumo, RS Dharmais, RS Pusat Otak Nasional, RSPI Sulianti Saroso, RSUP Persahabatan, RS Ngoerah, RS Sardjito, RSJPD Harapan Kita, dan RSAB Harapan Kita.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI, Lucia Rizka Andalucia mengatakan setiap rumah sakit memiliki kekhususan masing-masing terkait penerapan teknologi genomik. Misalnya, RS Dharmais yang fokus pada penyakit kanker.

"Contohnya di RS kanker. Untuk mendiagnosis suatu penyakit, jenis kankernya apa, itu sudah menggunakan layanan berbasis genomik. Untuk pemilihan obat dan terapi, apakah pasien kanker payudara ini bisa diterapi dengan hormon atau tidak. Diterapi dengan jenis obat x, bisa atau tidak. Itu semua sudah berbasis genomik," ujarnya dalam konferensi pers, Sabtu (30/9/2023).

Selain mendeteksi, Rizka mengatakan teknologi genomik juga bisa dilakukan untuk melakukan skrining penyakit.

"Contoh skrining penyakit kanker, ada namanya skrining kanker serviks. Kita bisa menggunakan teknologi genomik ini, namanya molecular diagnostic untuk skrining Human papillomavirus (HPV). HPV itu virus yang menyebabkan kanker serviks. Jadi kita bisa melihat apakah seseorang terjangkit virus HPV," jelasnya.

Apa Pelayanan Kesehatan Berbasis Genomik Sudah Bisa Diakses Semua Orang?

Rizka mengatakan teknologi genomik saat ini sudah tersedia dan bisa diakses seluruh masyarakat. Tapi karena teknologinya yang terbilang mahal, belum banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi tersebut.

"Sudah bisa diakses masyarakat umum memang, cuma teknologi ini masih relatif mahal. Jadi masih tidak banyak masyarakat yang mengaksesnya. Di pemerintah kita memasukkannya ke program pemerintah, jadi bukan atas perorangan. Tapi beberapa rumah sakit sudah menjual layanan ini dan dibayarkan pasien untuk mendapatkan layanan ini," terangnya.

Berikut daftar rumah sakit yang sudah memiliki layanan berbasis data genomik beserta bidang spesialisasi masing-masing:
  • RSUPN Cipto Mangunkusumo untuk penyakit metabolik terutama diabetes
  • RS Dharmais untuk penyakit kanker
  • RS Pusat Otak Nasional untuk penyakit stroke
  • RSPI Sulianti Saroso untuk penyakit menular Tuberkulosis
  • RSUP Persahabatan untuk penyakit menular TB
  • RS Ngoerah untuk wellness and beauty
  • RS Sardjito untuk penyakit genetik atau penyakit langka
  • RSJPD Harapan Kita untuk penyakit jantung
  • RSAB Harapan Kita untuk kesehatan ibu dan anak




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 RS di Indonesia Ini Punya Layanan Genomik, Bisa Untuk Apa Saja?"