Hagia Sophia

01 October 2023

Efek Samping Kopi Bila Dikonsumsi Berlebihan

Foto ilustrasi: iStock

Banyak orang yang mengonsumsi kopi secara rutin lantaran kafein di dalamnya bermanfaat untuk menambah energi agar produktif dan meningkatkan konsentrasi. Sebenarnya berapa banyak kafein yang kita perlukan setiap harinya?

Dikutip dari Mayo Clinic, batas konsumsi kafein per hari untuk orang dewasa yang sehat adalah 400 miligram (mg) kafein atau setara empat cangkir kopi.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis minuman lainnya juga memiliki kandungan kafein, seperti minuman berkarbonasi atau minuman berenergi, dan batasannya adalah 10 kaleng per hari.

Meskipun penggunaan kafein mungkin aman untuk orang dewasa, namun hal tersebut bukanlah ide yang baik untuk anak-anak. Remaja dan dewasa muda perlu berhati-hati terhadap asupan kafein yang berlebihan.

Wanita yang sedang hamil atau sedang mencoba untuk hamil dan sedang menyusui harus berkonsultasi dengan dokter tentang membatasi penggunaan kafein hingga kurang dari 200 mg setiap hari.

Bahkan di kalangan orang dewasa, penggunaan kafein dalam jumlah besar dapat menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan. Juga, kafein mungkin bukan pilihan yang baik bagi orang-orang yang sangat sensitif terhadap efeknya atau yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Efek Samping Terlalu Banyak Kafein

Kopi umumnya aman dikonsumsi jika dalam batas yang wajar. Namun jika berlebihan, biasanya akan menimbulkan banyak efek samping, seperti:
  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Gugup
  • Mudah marah
  • Sering atau tidak mampu mengontrol buang air kecil
  • Detak jantung cepat
  • Tremor otot
Bagi beberapa orang, minum kopi dalam jumlah sedikit saja sudah muncul efek samping, seperti kegelisahan dan masalah tidur. Hal ini biasa dialami oleh orang yang tidak terbiasa dengan kafein sehingga lebih sensitif terhadap efeknya. Minum kopi di sore hari bisa mengganggu kualitas tidur.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Minum Kopi Sehari Sebaiknya Berapa Kali? Begini Penjelasannya"