Hagia Sophia

25 December 2023

Beberapa Penyebab Tenggorokan Gatal dan Batuk

Ilustrasi tenggorokan gatal dan batuk. Foto: Getty Images/Jajah-sireenut

Tenggorokan gatal dan batuk dapat menimbulkan rasa sakit, sesak nafas, hingga perubahan suara bagi penderitanya. Bahkan, dalam kasus yang lebih parah, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit saat makan maupun minum.

Lantas, apa hal yang menjadi penyebab tenggorokan gatal dan batuk? Bagaimana cara mengatasinya? Simak paparannya dalam artikel berikut ini.

Penyebab Tenggorokan Gatal dan Batuk

Tenggorokan gatal dan batuk dapat disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya:
  • Infeksi virus atau bakteri, seperti flu atau streptokokus.
  • Alergi debu, polusi udara, atau makanan dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk.
  • Menghirup asap, udara kering, atau merokok.
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD), yakni kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, sehingga menyebabkan gatal, sakit, dan rasa terbakar di tenggorokan.
  • Gastritis atau peradangan lambung.
  • Kondisi kronis, seperti laringitis kronis atau laryngopharyngeal reflux (LPR).
  • Masalah pada tenggorokan dan mulut, misalnya caries atau periodontal disease.

Gejala Tenggorokan Gatal dan Batuk

Gejala utama dari tenggorokan gatal dan batuk adalah rasa gatal yang menjalar menjadi rasa sakit, perih, serta terbakar di tenggorokan. Beberapa orang mungkin juga mengalami perubahan suara hingga kesulitan menelan.

Dikutip dari Medical News Today, tenggorokan gatal dan batuk bisa menjadi indikasi adanya gangguan lain dalam tubuh. Misalnya yang disebabkan alergi dapat dan disertai gejala lainnya yaitu:
  1. Bersin
  2. Hidung meler atau tersumbat
  3. Kulit gatal
  4. Fatigue atau kelelahan berlebihan
  5. Mata gatal, bengkak, merah, atau berair.
Ketika disebabkan oleh alergi obat atau makanan, tenggorokan gatal dan batuk dapat terjadi bersamaan dengan sejumlah gejala berikut:
  1. Ruam pada kulit
  2. Kemerahan di kulit sekitar mata
  3. Mual dan muntah
  4. Diare
  5. Sakit perut
  6. Pembengkakan pada bibir, lidah, dan tenggorokan
  7. Telinga gatal
  8. Kesulitan bernapas atau menelan
  9. Penurunan tekanan darah
  10. Penurunan kesadaran.
Penyebab lain gejala tenggorokan gatal dan batuk adalah kondisi tubuh yang bersifat akut. Gejala ini biasanya disertai:
  1. Demam
  2. Hidung tersumbat
  3. Kelenjar bengkak
  4. Nyeri otot
  5. Lesu
  6. Sakit kepala.
Sedangkan gejala tenggorokan gatal dan batuk yang disebabkan gangguan refluks biasanya disertai kondisi berikut:
  1. Rasa sakit dan kesulitan saat menelan
  2. Sensasi terbakar di dada atau tenggorokan
  3. Buang angin
  4. Pita suara meradang
  5. Peradangan gusi
  6. Rasa tidak nyaman di mulut.

Cara Menghilangkan Tenggorokan Gatal dan Batuk

Jika merasakan tenggorokan gatal dan batuk, berikut penanganan cepat yang bisa dilakukan sebelum pergi ke dokter:

1. Minum Air Putih Hangat
Minum air putih hangat dapat membantu melembabkan tenggorokan, sehingga rasa gatal dan batuk dapat mereda. Minum air hangat juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mempercepat proses pemulihan tubuh melawan infeksi bakteri.

2. Menghindari Segala Jenis Asap
Asap kendaraan maupun asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Maka dari itu, kamu harus menghindarinya agar tidak semakin memperparah iritasi.

3. Menggunakan Humidifier
Kondisi udara yang lembab dapat memperburuk tenggorokan gatal dan batuk. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara.

4. Menjaga Kebersihan Mulut
Masalah pada tenggorokan dan mulut, misalnya caries atau periodontal disease menjadi salah satu penyebab tenggorokan gatal dan batuk. Karena itu, kebersihan mulut dan tenggorokan harus jadi perhatian utama.

5. Berkumur dengan Air Garam
Air garam mampu membersihkan bakteri yang ada di dalam mulut dan tenggorokan secara efektif. Kamu bisa berkumur dengan air garam 3-4 kali sehari sampai tenggorokan gatal mereda.

6. Minum Jahe
Dikutip dari artikel berjudul "Manfaat Tanaman Jahe (Zingiber officinale) Sebagai Obat-obatan Tradisional" yang dimuat dalam Prosiding SEMNAS BIO 2021, kandungan paling penting dari jahe adalah zingiberol sebagai anti-radang. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk meredakan tenggorokan gatal dan batuk.

7. Minum Teh Thyme
Daun thyme mengandung senyawa flavonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Senyawa ini baik untuk mengobati tenggorokan gatal dan batuk. Thyme juga memiliki sifat anti-virus yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

8. Mengonsumsi Madu
Madu mengandung bahan bersifat antibakteri dan antiradang yang mampu meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Kamu dapat mengonsumsinya secara langsung, atau menjadikannya sebagai pelengkap makanan atau minuman hangat.

9. Selalu Penuhi Kebutuhan Cairan
Cukupi kebutuhan cairan dengan minum banyak air putih atau teh hangat. Minum cairan yang hangat dapat meredakan rasa gatal dan sakit pada tenggorokan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Tenggorokan Gatal dan Batuk yang Tak Kunjung Reda?

Jika tenggorokan gatal dan batuk tak kunjung mereda, terlebih disertai dengan sesak napas atau sakit saat menelan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Periksakan Diri ke Dokter
Jika kamu mengalami perubahan suara hingga kesulitan untuk menelan, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dilansir dari Healthline, jika dokter mencurigai adanya alergi makanan, kamu mungkin diminta membuat jurnal untuk melacak makanan apa saja yang telah dimakan, sekaligus gejala yang dialami setelahnya.

2. Konsumsi Obat
Setelah melakukan pemeriksaan, dokter biasanya akan meresepkan obat untuk meredakan sekaligus mengobati penyebab tenggorokan gatal dan batuk. Konsumsilah obat tersebut secara rutin sesuai dosis yang dianjurkan.

Beberapa jenis obat untuk menghilangkan tenggorokan gatal dan batuk dapat diperoleh bebas. Contohnya permen hisap non antibiotik dan obat antihistamin. Sebelum konsumsi, pastikan kamu telah membaca aturan pakai dan dosis penggunaannya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "7 Penyebab Tenggorokan Gatal dan Batuk serta 26 Gejala Penyertanya"