Hagia Sophia

25 December 2023

Cawapres No. 2 Singgung Masalah Stunting, Apakah Itu?

Gibran menyinggung stunting dalam debat cawapres (Foto: Andhika Prasetia)

Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyinggung masalah stunting dalam debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023). Stunting adalah gangguan tumbuh kembang, yang oleh Gibran disebut bisa diintervensi dari sisi infrastruktur yakni melalui sanitasi dan air bersih.

"Masalah sanitasi dan air bersih ini nanti berhubungan ke masalah stunting. Masalah sanitasi perlu kolaborasi banyak pihak. Misalnya apa yang sudah saya lakukan di Solo. Kita membangun IPAL Komunal di perumahan padat penduduk ini penting sekali," kata Gibran, menjawab pertanyaan panelis terkait infrastruktur.

Apa itu stunting?

Organisasi kesehatan dunia WHO menyebut stunting adalah salah satu dari beberapa manifestasi malnutrisi atau ketidakseimbangan nutrisi. Selain stunting, malnutrisi juga bisa berupa wasting, underweight, dan defisiensi mikronutrien.

Jika wasting didefinisikan sebagai rasio berat dan tinggi badan yang kurang, stunting adalah kondisi ketika rasio tinggi dan umur anak berada di bawah normal. Stunting adalah dampak kurang nutrisi yang kronis dan terus menerus, umumnya terkait kemiskinan, nutrisi dan kesehatan maternal yang buruk, riwayat sakit, dan/atau pemberian asupan nutrisi yang kurang tepat di masa awal kehidupan.

Stunting ditandai dengan tinggi badan yang rendah, di bawah standar deviasi kurva pertumbuhan pada kelompok usianya. Meski demikian, ditegaskan bahwa tidak semua anak pendek mengalami stunting, walaupun anak yang stunting pasti pendek.

Dampak stunting adalah tidak tercapainya pertumbuhan fisik dan kognitif yang optimal. Seorang anak dengan berat badan kurang atau underweight bisa mengalami stunting atau wasting, ataupun keduanya.

Dampak stunting

Kementerian Kesehatan RI menyebut beberapa dampak stunting:

1. Dampak kesehatan
  • Gagal tumbuh: berat lahir rendah, kecil, pendek, kurus, perkembangan kognitif dan motorik tidak optimal.
  • Gangguan metabolik: risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, obesitas, stroke, penyakit jantung, dan sebagainya.
2. Dampak ekonomi
  • Berpotensi menimbulkan kerugian 2-3 persen GDP (Gross Domestic Product)

Pencegahan stunting

Beberapa upaya pencegahan stunting menurut Kementerian Kesehatan RI adalah sebagai berikut:
  • Pemenuhan kebutuhan gizi ibu hamil, mencakup suplementasi zink dan zat besi (Fe) atau tablet tambah darah.
  • Pemberian ASI (Air Susu Ibu) eksklusif selama 6 bulan, dilanjutkan dengan MPASI (Makanan pendamping ASI)
  • Memantau pertumbuhan balita di posyandu
  • Meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi, serta kebersihan lingkungan. Sanitasi penting karena anak di bawah usia 2 tahun rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit, sedangkan riwayat sakit merupakan salah satu faktor risiko penyebab stunting.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apa Itu Stunting? Disinggung Gibran saat Bahas Infrastruktur di Debat Cawapres"