Hagia Sophia

25 December 2023

Benarkah Kuning Telur Bikin Kolesterol Tinggi? Ini Kata Ahli Gizi

Ilustrasi kuning telur (Foto: Getty Images/iStockphoto/)

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain harganya murah dan cara masaknya yang mudah, telur juga mengandung banyak nutrisi penting di dalam tubuh, seperti vitamin A, D, E, K, B6 hingga folat.

Meski mengandung banyak manfaat, tak sedikit orang yang menganggap kuning telur dapat meningkatkan kolesterol tinggi. Lantas, bagaimana faktanya?

Spesialis gizi, dr Cindiawaty Josito Pudjiadi Mars, Ms, SpGK, mengatakan di dalam kuning telur memang ada kandungan 210 mg kolesterol. Meski begitu, dr Cindiawaty menyebut tingginya kolesterol di dalam tubuh seseorang bisa disebabkan oleh berbagai faktor selain dari makanan. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol juga dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh.

"Selain kuning telur, sebenarnya yang lebih bahaya itu makanan yang mengandung lemak jenuh, karena akan berkontribusi atas kenaikan kadar kolesterol kita," ucapnya kepada detikcom, dikutip dari 20detik, Minggu (24/12/2023).

dr Cindiawaty merekomendasikan bagi seseorang yang memiliki riwayat seperti pengidap kolesterol, sakit jantung, hingga diabetes, untuk membatasi asupan telur sekitar 200-300 mg per hari.

"Jadi memang tergantung kondisi kesehatan masing-masing," imbuhnya.

Sebagai informasi, kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat.

Kolesterol sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

LDL bekerja dengan cara menumpuk kolesterol di pembuluh darah sehingga bisa memicu komplikasi serius. Itu sebabnya kolesterol jenis ini kerap disebut kolesterol 'jahat'. Sementara HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar menuju liver (hati).

Adapun kolesterol tinggi umumnya tak menimbulkan gejala yang signifikan. Namun penumpukan plak di beberapa bagian tubuh akibat kolesterol bisa menimbulkan keluhan kesehatan. Karenanya, penting bagi pengidap untuk memerhatikan pola hidupnya, termasuk pola makan yang sehat.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Apakah Kuning Telur Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Dokter Gizi Bilang Gini"