Hagia Sophia

22 January 2024

Beberapa Makanan Berikut Ini Bisa Picu Asam Urat

Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Tanpa disadari, ternyata ada beberapa makanan yang memicu asam urat yang mungkin kerap dikonsumsi. Pasalnya, makanan-makanan tersebut bisa memperparah kondisi atau mungkin memicu terjadinya serangan asam urat atau gout.

Asam urat atau gout adalah peradangan sendi yang disebabkan tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Senyawa ini diproduksi tubuh secara alami untuk memecah purin. Setelah selesai menjalankan fungsinya, asam urat tersebut akan dibuang melalui urine.

Terkadang, tubuh bisa memproduksi zat asam urat yang terlalu banyak. Salah satu pemicunya adalah kebiasaan mengkonsumsi yang memang dipantang untuk pengidap asam urat.

Makanan yang dimaksud adalah makanan yang terlalu banyak mengandung purin. Inilah yang membuat asam urat menumpuk dan membentuk kristal asam urat di sendi atau jaringan sekitarnya.

Kristal asam urat ini bisa menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan sendi. Maka dari itu, ada beberapa makanan yang harus dijauhi dan tidak boleh dimakan oleh pengidap asam urat.

Berikut beberapa makanan yang memicu asam urat yang dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Daging merah
Dikutip dari laman Health, daging merah menjadi makanan yang mengandung purin tingkat tinggi. Daging merah ini termasuk daging sapi, domba, hingga babi.

Daging merah memiliki jumlah dua purin spesifik yang disebut hipoksantin dan adenin lebih tinggi dibandingkan makanan lainnya. Kedua purin ini terbukti meningkatkan risiko asam urat.

2. Seafood
Berbagai macam makanan laut atau seafood juga dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih tinggi. Makanan laut yang perlu dibatasi, seperti:
  • Teri
  • Sarden
  • Scallop
  • Kerang
  • Ikan trout
  • Tuna
Makanan laut ini kaya akan purin yang dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat. Asam urat tambahan ini bisa dengan mudah menyebabkan penumpukan dan semakin mengiritasi gejala asam urat.

3. Minuman manis
Minuman manis juga perlu dibatasi bagi orang dengan penyakit asam urat. Ternyata, kandungan fruktosa yang biasanya ada pada minuman manis bisa meningkatkan kadar asam urat dan kekambuhan penyakit tersebut.

Maka dari itu, disarankan untuk mengurangi minuman yang mengandung fruktosa tinggi, seperti soda non-diet atau minuman buah dengan pemanis buatan. Pemanis yang ada di dalam minuman tersebut akan merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat lebih banyak.

4. Jeroan
Produk hewani secara umum cenderung tinggi purin, namun beberapa jeroan memiliki kadar purin yang sangat tinggi. Seperti halnya daging merah, purin adenin dan hipoksantin juga tinggi pada makanan tersebut.

Jeroan seperti hati dan ginjal sebaiknya juga dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Makanan ini bisa meningkatkan asam urat dalam darah.

Daging hati sapi misalnya, per 100 gram bisa mengandung hingga 219 miligram purin. Begitu pula dengan jantung dan ginjal sapi yang masing-masing mengandung 185 dan 174 miligram purin. Selain bisa meningkatkan kadar asam urat, jeroan juga berisiko menyebabkan kondisi lain seperti kolesterol atau tekanan darah tinggi.

5. Bayam
Bayam memiliki kandungan purin yang cukup tinggi sehingga bisa memperparah kondisi asam urat. Meski begitu, bayam juga memiliki nutrisi yang bermanfaat seperti vitamin C, flavonoid, zat besi, dan beta karoten.

Meski begitu, bagi orang dengan asam urat, sebisa mungkin membatasi konsumsinya agar tidak meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

6. Kembang Kol
Kembang kol juga menjadi salah satu sayuran yang harus dibatasi konsumsinya oleh pengidap asam urat. Pasalnya, dalam setiap 100 gram kembang kol mengandung sekitar 28-29 miligram purin.

Jika terlalu sering dikonsumsi, tentunya dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh dan memicu gout attack.

7. Roti Putih
Dikutip dari WebMD, semakin cepat suatu makanan meningkatkan gula darah, itu akan semakin memperburuk kadar asam urat. Karbohidrat olahan seperti roti putih hingga kue kering bisa membuat gula darah melonjak dan tidak baik untuk asam urat.

8. Madu
Madu kaya akan fruktosa, pemanis alami yang melepaskan purin saat terurai di dalam tubuh. Meski ini masih bisa dikonsumsi, tetapi sebaiknya harus dibatasi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung fruktosa tersebut.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Makanan yang Memicu Asam Urat, Hati-hati Bisa Bikin Sering Kambuh"