Hagia Sophia

22 January 2024

Saat Malam Hari, Sebaiknya WiFi di Rumah Dimatikan atau Tetap Aktif?

Foto ilustrasi: detikINET/Adi Fida Rahman

Agar menghemat tagihan listrik, ada yang mengatakan kalau WiFi rumah hendaknya dimatikan pada malam hari ketika orang-orang tertidur. Namun, ada pula yang mengingatkan untuk tidak mematikan WiFi meski malam tiba.

Lantas manakah yang tepat, WiFi sebaiknya dimatikan atau dinyalakan saat malam?

Saat Malam Hari, WiFi Dimatikan atau Dinyalakan Sih?

Ide untuk mematikan WiFi di malam hari bisa jadi dikarenakan khawatir biaya listrik akan membengkak. Sehingga sebagian orang bermaksud mengurangi tagihannya dengan cara menghemat penggunaan listrik yang tersambung ke WiFi.

Anggapan bahwa mematikan WiFi dapat meringankan tagihan listrik, ternyata itu tidaklah benar. Dilansir laman The Sun, seorang Chief Technology Officer di konsultan nirkabel WiFore bernama Nick Hunn menjelaskan bahwa mematikan WiFi justru bisa meningkatkan biaya listrik.

Router WiFi umumnya berisi modem yang terus berupaya untuk mengoptimalkan kecepatan koneksi internet. Saat router dimatikan, proses tersebut akan dimulai kembali dari awal. Hal ini membuat tenaga listrik ekstra dibutuhkan.

"Mematikan WiFi Anda sepertinya ide yang bagus, tetapi konsekuensi yang tidak diinginkan adalah Anda akan menggunakan lebih banyak energi," kata Nick.

Nick menerangkan, router WiFi yang dimatikan setiap malam maka besar kemungkinan akan memperburuk kecepatan unggah dan unduhnya.

"Anda cenderung memiliki koneksi yang lebih lambat karena adanya buffering. Karena lebih lambat, Anda menggunakan lebih banyak daya sehingga meningkatkan konsumsi (listrik)," ujarnya.

Nick menambahkan, sebagian besar router saat ini terutama yang lebih modern padahal didesain lebih hemat energi sehingga hanya menggunakan listrik yang relatif sedikit.

Ernest Doku, pakar telekomunikasi di Uswitch.com, juga mengatakan bahwa router WiFi menggunakan daya listrik yang kecil sekitar 10 W dan itu mirip dengan bola lampu hemat energi.

Selain itu, sering mematikan WiFi berarti sama dengan meminta penyedia WiFi untuk membatasi kecepatan koneksi. Karena mereka akan mencurigai adanya kesalahan yang terjadi.

"Jaringan broadband secara teratur memantau kecepatan dan keandalan koneksi internet Anda sehingga sering mematikan router Anda dapat membuat penyedia Anda mengira ada saluran yang salah," tutur Ernest.

"Hal ini dapat menyebabkan mereka memperlambat layanan ke router Anda untuk mencoba dan mempertahankan koneksi Anda saat mereka mencari masalah," lanjutnya.

Mematikan WiFi Saat Malam Akan Memperburuk Keamanannya, Karena ...

WiFi yang dimatikan saat malam hari juga merupakan ide buruk yang mempengaruhi keamanannya. Ini karena penyedia umumnya sering memperbarui perangkat lunak dan sistem keamanan WiFi ketika jaringan tidak begitu ramai.

Sehingga jika mematikan WiFi semalaman maka bisa melewatkan pembaruan software dan sistem yang penting.

"Menjaga perangkat Anda tetap menyala 24/7 berarti penyedia dapat menginstal pembaruan keamanan dan perangkat lunak penting kapan saja, yang sering kali mereka lakukan dalam semalam saat jaringan tidak terlalu sibuk," kata Ernest.

Pembaruan ini dilakukan untuk menjaga koneksi internet agar tetap berfungsi dengan baik serta melindungi keamanannya dari serangan hacker.

Sebagian besar penyedia layanan internet merekomendasikan untuk selalu menyalakan perangkat WiFi sepanjang waktu agar bisa menjaga koneksi tetap stabil dan terlindungi keamanannya.


























Artikel ini telah tayang di inet.detik.com dengan judul "Lebih Baik WiFi Rumah Nyala atau Mati di Malam Hari? Ini Kata Ahli"