Hagia Sophia

22 January 2024

Usai Raja Charles III Jalani Operasi, Pencarian Tentang Penyakit Prostat Meningkat

Raja Charles III. (Foto: Richard Pohle - WPA Pool/Getty Images)

Pengumuman bahwa Raja Charles III akan menjalani operasi untuk mengobati pembesaran prostat telah menyebabkan peningkatan pencarian informasi tentang kondisi tersebut.

Laman BBC melaporkan ada 16.410 kunjungan ke halaman situs National Health Security Inggris (NHS) pada hari Rabu (17/1) dengan rata-rata satu kunjungan setiap lima detik, dibandingkan dengan 1.414 kunjungan pada hari Selasa (16/1).

Ian Eardley, konsultan ahli bedah urologi di Leeds dan direktur klinis nasional NHS, mengatakan diagnosis Raja Charles yang diketahui publik berdampak positif karena akan menyebabkan lebih banyak pria mencari pertolongan.

"Hal ini juga akan mengurangi stigma seputar kondisi tersebut," ujarnya.

Kerap kali masalah prostat dipersepsi sebagai sesuatu yang tidak ingin dibicarakan para pria sehingga membuat kondisinya memburuk. Adanya pengetahuan yang lebih terkait prostat akan memperkecil risiko pria mengalami efek serius akibat kondisi tersebut.

Banyak pria mengalami pembesaran prostat seiring bertambahnya usia. Pembesaran prostat biasanya tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan, namun dapat menimbulkan gejala mengganggu yang memerlukan pengobatan.

Apa itu pembesaran prostat?

Prostat adalah kelenjar yang berukuran sebesar buah kenari. Letaknya di dasar kandung kemih, organ yang menyimpan urine.

Saat pria buang air kecil, urine mengalir ke saluran panjang yang disebut uretra, yang melewati bagian tengah prostat. Prostat yang membesar memeluk pipa lebih erat dan dapat mulai membatasi alirannya.

Semua prostat tumbuh seiring bertambahnya usia pria. Pertumbuhannya bervariasi dari orang ke orang dan hal ini tidak selalu menimbulkan masalah.

Namun lebih dari satu dari tiga pria berusia di atas 50 tahun akan mengalami beberapa gejala pembesaran prostat yang tak normal.

Beberapa gejala pembesaran prostat yang harus diwaspadai di antaranya:
  • buang air kecil lebih sering
  • terbangun di malam hari untuk buang air kecil
  • merasa kandung kemih tidak dikosongkan sepenuhnya
  • aliran urine lemah saat buang air kecil
  • masalah ereksi dan ejakulasi


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pencarian 'Pembesaran Prostat' Melonjak di Inggris setelah Diagnosis Raja Charles"