Hagia Sophia

22 January 2024

Manfaat Kopi Pahit Hitam tanpa Gula untuk Kesehatan

Foto: Ilustrasi iStock

Kopi hitam umumnya pahit, karena kopi tersebut hanyalah kopi tanpa tambahan susu, tanpa krim, ataupun pemanis lainnya.

Pasalnya, pemberi rasa pahit pada kopi adalah kafein. Di sisi lain, hal hal itu bisa memungkinkan kita mendapatkan manfaat kopi bagi kesehatan. Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan

Bagi sebagian orang, kopi menjadi hal yang utama untuk diminum. Baik di pagi hari, siang hari, atau bahkan larut malam.

Ada juga penikmat kopi pahit, karena dipercayai mampu memberikan manfaat yang lebih banyak dibandingkan kopi dengan campuran gula atau susu.

Berikut adalah beberapa manfaat dari kopi pahit hitam tanpa gula:

1. Mencegah Depresi
Hasil penelitian tahun 2011 yang dipublikasikan oleh Archives of Internal Medicine, mengungkapkan bahwa wanita yang mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap harinya akan memiliki risiko 15% lebih rendah untuk terkena depresi. Sedangkan, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi kopo setiap harinya akan memiliki risiko 15% lebih rendah untuk terkena depresi.

Kafein merupakan stimulan, oleh karena itu kopi dikenal sebagai penambah suasana hati.

2. Membantu Meningkatkan Daya Ingat
Kopi pahit juga bermanfaat dalam proses belajar, yakni untuk mempertajam daya ingat. Sebuah penelitian tahun 2005 oleh Radiological Society of North America, menemukan apabila mengkonsumsi 2 cangkir kopi berkafein, bisa meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kecepatan reaksi seseorang.

3. Membantu Mencegah Penyakit Alzheimer.
Dilansir dari laman Nourish by WebMD, asupan kopi secara teratur berhubungan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya.

Seberapa kuat efek tersebut ditemukan bervariasi dari satu penelitian ke penelitian lainnya. Misal, orang paruh baya yang minum 3-4 empat cangkir kopi setiap hari punya risiko 65% lebih rendah terkena demensia saat mereka bertambah tua.

Sementara itu, ada juga penelitian lain yang menemukan bahwa orang yang minum lebih dari 6 cangkir kopi sehari bisa punya risiko demensia 53% lebih tinggi.

4. Membantu Mengurangi Risiko Kanker
Konsumsi kopi juga dipercaya membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker (termasuk kanker payudara, kolorektal, dan hati).

Para ilmuwan percaya kalau khasiat ini mungkin disebabkan oleh antioksidan kopi, sehingga mampu melindungi sel dari molekul berbahaya (radikal bebas).

Namun, kopi juga terdapat sejumlah kecil bahan kimia yang disebut akrilamida. Di mana, bahan itu dianggap berpotensi menyebabkan kanker.

5. Membantu Mencegah Diabetes Tipe 2
Dengan mengurangi kadar gula dalam minuman harian, hal ini akan membantu tubuh dalam mengambil langkah proaktif untuk mencegah timbulnya kondisi diabetes.

Kopi pahit bermanfaat dalam manajemen diabetes. Orang yang rutin minum kopi bisa punya risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

6. Menjaga Berat Badan
Manfaat ini memang tidak memiliki hubungannya yang kuat, tapi ada beberapa bukti bahwa kafein pada kopi bisa membantu mengendalikan berat badan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak minuman berkafein punya kemungkinan lebih kecil mengalami kenaikan berat badan, jika dibandingkan mereka yang mengurangi kopi dan teh.

Penelitian lain juga menyebut bahwa orang yang meminum minuman berkafein 30 menit - 4 jam sebelum makan, akan cenderung makan lebih sedikit.

Masih sedikit penelitian menunjukkan bahwa kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari minum kopi dalam jumlah sedang secara umum.

Walaupun diperlukan penelitian yang lebih banyak, beberapa poin di atas juga termasuk potensi manfaat kopi pahit hitam.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Manfaat Kopi Pahit untuk Kesehatan, Bisa Cegah Depresi"