Hagia Sophia

22 January 2024

Kisah Pria 20 Tahun Usai Jalani Vasektomi Karena Miliki Istri 'Subur'

Cerita pria jalani vasektomi di usia 20 tahun. (Foto: Tangkapan Layar TikTok @tristandenholm)

Seorang pria di Missouri, Amerika Serikat, membagikan kisahnya yang menjalani vasektomi di usia 20 tahun. Prosedur itu dilakukan setelah ia dan istrinya memutuskan untuk tidak akan punya anak lagi.

Tristan Denholm dan istrinya memiliki satu anak saat usianya masih 18 tahun. Karena istrinya juga 'super subur', Tristan memutuskan untuk menjalani vasektomi daripada meminta istrinya menggunakan kontrasepsi untuk mencegah efek sampingnya.

Sebelum menjalani vasektomi, Tristan memikirkan segala dampak jangka panjang yang akan terjadi. Ia membicarakannya dengan istri dan orang tuanya, sampai akhirnya menjalani prosedur tersebut.

"Saat saya memiliki anak laki-laki, pasti ada pemikiran untuk menjalani vasektomi, tetapi menurut saya keputusan tersebut menjadi jauh lebih serius menjelang akhir tahun 2023," kata Tristan yang dikutip dari New York Post, Minggu (21/1/2024).

Pasca menjalani vasektomi, Tristan mengatakan butuh waktu sekitar satu minggu untuk bisa pulih. Namun, rasa nyeri yang dialami dirasa cukup 'sepadan' dengan hasil yang didapatkan ke depannya.

"Minggu pertama pemulihan adalah yang tersulit dan terkadang saya masih merasakan sakit di selangkangan saya," beber Tristan.

"Saya merasa ada beban yang terangkat dari dada saya dan saya tidak menggunakan kontrasepsi lagi," tambahnya.

Meski begitu, Tristan merasa tidak menyesal setelah menjalani vasektomi pada September 2023 lalu. Ia merasa itu adalah cara yang tepat untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan.

Vasektomi merupakan salah satu bentuk kontrasepsi pria dengan menghentikan suplai sperma ke testis. Dikutip dari Mayo Clinic, nantinya air mani tidak lagi mengandung sperma sehingga mencegah terjadinya kehamilan.

Prosedur ini adalah pilihan alat kontrasepsi yang aman bagi pria dan efektif mencegah kehamilan. Vasektomi merupakan operasi rawat jalan dengan risiko komplikasi atau efek samping yang rendah.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pria 20 Tahun Ceritakan Kondisinya usai Jalani Vasektomi karena Istri Super Subur"