Hagia Sophia

07 March 2023

Beberapa Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan

Khasiat daun kelor untuk kesehatan Foto: Getty Images/iStockphoto/bdspn)

Terdapat sejumlah khasiat daun kelor yang bisa didapatkan untuk kesehatan. Tumbuhan ini kerap kali dijadikan sebagai makanan tradisional dan tanaman herbal di Indonesia.

Saking banyak manfaatnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk meneliti kelor dengan serius. Pasalnya, ia menginginkan daun kelor bisa mengimbangi ginseng yang ada di Korea. Sebagaimana diketahui, NTT merupakan salah satu wilayah dengan tumbuhan kelor yang cukup banyak di Indonesia.

"Saya minta ke Pemda ini (kelor) kita masukkan penelitian karena kelor itu kan kaya akan gizi," ujar Menkes Budi saat kunjungan kerja meninjau kasus stunting di NTT, Sabtu (4/3).

"Saya pengin ngimbangin seperti ginsengnya Korea, dibikin penelitian yang serius untuk masuk dunia internasional," ucap Menkes Budi.

Kelor atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Moringa oleifera, jenis tanaman tropis yang sangat mudah dikenali dari ukuran daunnya yang kecil. Tidak hanya itu, pohon kelor juga sangat mudah bertumbuh pada tanah yang bisa dikatakan tidak terlalu subur.

Sejak dahulu kelor sudah digunakan baik untuk pengobatan tradisional, jamu, maupun dalam ritual yang berbau mistis. Faktanya daun kelor memang banyak mengandung zat yang sangat baik untuk tubuh.

Khasiat Daun Kelor

Dikutip dari laman Healthline, berikut sejumlah manfaat atau khasiat daun kelor yang bisa didapat untuk kesehatan.

1. Mengandung Antioksidan
Dalam studi yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, beberapa senyawa antioksidan telah ditemukan dalam manfaat daun kelor, termasuk quercetin dan asam klorogenik. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh.

Kadar radikal bebas tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

2. Mengandung Nutrisi untuk Tubuh
Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut.
  • Protein
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Vitamin A
  • Magnesium
3. Memiliki Kandungan Anti-inflamasi
Peradangan atau inflamasi terjadi karena respons natural tubuh terhadap infeksi atau cedera tubuh. Peradangan merupakan mekanisme yang penting dalam proses pertahanan tubuh. Akan tetapi, proses inflamasi yang berlangsung kronis juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung bawaan dan kanker.

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat anti-peradangan sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.

4. Rendah Gula
Studi menunjukkan bahwa konsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan dapat mengurangi kadar gula darah puasa rata-rata 13,5 persen.

Sementara manfaat daun kelor kering sekitar 50 gram yang dicampur ke dalam makanan dapat mengurangi gula darah sebanyak 21 persen.

Artinya, daun kelor bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang menjadi penyebab diabetes. Konsumsi daun kelor bisa mencegah diabetes.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat memicu sejumlah penyakit serius, seperti jantung hingga stroke. Cobalah untuk mengonsumsi daun kelor yang diyakini bisa menurunkan kadar kolesterol.

Pasalnya, daun kelor memiliki efek penurun kolesterol serupa dengan makanan nabati lainnya, seperti gandum dan biji rami.

Ketika kadar kolesterol terjaga, maka risiko penyakit jantung pun bisa dicegah.

6 Melindungi dari Keracunan Arsenik
Sejumlah penelitian mengungkapkan efek daun kelor dan bijinya bisa melindungi tubuh dari keracunan atau toksisitas arsenik. Tubuh mungkin terpapar arsenik jika seseorang bekerja di industri tekstil dan pertambangan yang rentan dengan zat kimia tertentu.

Begitu juga dengan orang yang biasa menggunakan insektisida atau obat pembunuh serangga. Sejumlah partikelnya mungkin menempel dan terhirup tubuh, sehingga bisa menimbulkan risiko keracunan arsenik.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Dijuluki Superfood Lokal RI"