Hagia Sophia

07 March 2023

Aktor Amitabh Bachchan Alami Cedera Tulamng Rusuk, Ini Efeknya

Amitabh Bachchan mengalami cedera tulang rusuk saat syuting. (Foto: BBC Magazine)

Aktor Bollywood Amitabh Bachchan (80) mengalami cedera tulang rusuk saat syuting film di India selatan beberapa waktu lalu. Kini, Bachchan sedang menjalani pemulihan di rumah.

Bintang film 'Kabhi Khushi Kabhie Gham...' ini memberikan kabar kepada penggemar melalui blog-nya pada Minggu (5/3/2023) malam. Diungkapkan Bachchan, ia cedera saat melakukan syuting di Hyderabad untuk film fiksi sains 'Project K' yang rencananya akan dirilis pada 2024.

Bachchan mengatakan cedera yang dialaminya sangat menyakitkan lantaran tulang rusuknya patah dan otot robek. Sang aktor juga sempat menemui dokter sebelum terbang pulang ke Mumbai untuk beristirahat.

"Saya tidak akan bisa bertemu dengan para simpatisan di Jalsah Gate malam ini, jadi jangan datang," kata aktor tersebut kepada para penggemar yang sering berkumpul di luar rumahnya di Mumbai, dikutip dari Channel News Asia, Selasa (7/3/2023).

Efek Cedera Tulang Rusuk

Dikutip dari Healthline, tulang rusuk manusia terdiri dari 12 pasang. Fungsinya selain melindungi jantung dan paru-paru, juga menopang banyak otot di tubuh bagian atas.

Efek yang diakibatkan dari cedera tulang rusuk tergantung pada tingkat keparahannya. Cedera tulang rusuk mungkin dapat berisiko bagi jantung dan paru-paru.

Patah serius pada salah satu dari tiga tulang rusuk teratas dapat merusak aorta, arteri besar yang muncul dari bagian atas jantung dan mengalirkan darah ke sebagian besar organ tubuh. Pembuluh darah lain di dalam atau di dekat jantung juga berisiko.

Komplikasi lain yang mungkin bisa dialami dari tulang rusuk yang patah adalah paru-paru yang tertusuk. Patahnya salah satu tulang rusuk tengah yang menyebabkan ujung tulang bergerigi menembus paru-paru berpotensi menyebabkan paru-paru kolaps.

Patah pada salah satu tulang rusuk bagian bawah dapat memotong atau menusuk hati, ginjal, atau limpa jika patahannya parah. Jenis komplikasi ini lebih sering terjadi jika seseorang memiliki banyak tulang rusuk yang patah. Tes pencitraan seperti MRI, biasanya dapat mengungkap cedera pada salah satu organ dalam atau pembuluh darah.

Guna memastikan setiap potensi komplikasi diketahui lebih awal, pastikan untuk memberi tahu dokter tentang semua gejala yang dialami, meskipun tampaknya tidak terkait dengan patah tulang rusuk. Cobalah untuk menjelaskan sedetail mungkin terkait insiden yang menyebabkan cedera.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Aktor Bollywood Amitabh Bachchan Alami Cedera Tulang Rusuk Saat Syuting Film"