Hagia Sophia

07 March 2023

Mat Solar Mengidap Stroke Sejak 2017, Ini Kondisinya

Foto: dok. Channel YouTube Latief Sitepu

Kondisi kesehatan aktor Mat Solar baru-baru ini terungkap setelah Latief Sitepu, lawan mainnya di sinetron Tukang Bubur Naik Haji (TBNH), menjenguk di rumahnya.

Mat Solar tengah berjuang pulih dari penyakit stroke yang menyerangnya sejak 2017. Lewat sebuah video yang diunggah ke YouTube-nya, Latief mendoakan agar Mat Solar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

"Alhamdulillah kami telah jumpa. Tapi, kami nggak perlu meliput karena kondisi dia tidak perlu diliput karena memang kelihatannya begitu," kata Latief Sitepu.

"Jadi, kami cukup melihat saja dan berfoto bersama dan mendoakan agar beliau tambah segar dan sedikit bisa beraktivitas seperti biasa," lanjutnya.

Dikutip dari American Stroke Association, stroke terjadi saat ada sesuatu yang menghalangi suplai darah ke bagian otak atau ketika pembuluh darah di otak pecah.

Otak adalah organ yang sangat kompleks yang mengontrol berbagai fungsi tubuh. Jika stroke terjadi dan aliran darah tidak dapat mencapai daerah yang mengontrol fungsi tubuh tertentu, maka bagian tubuh tersebut tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Jika stroke terjadi di bagian belakang otak, misalnya, kemungkinan akan terjadi kecacatan yang melibatkan penglihatan.

Efek stroke tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi obstruksi dan seberapa banyak jaringan otak yang terkena. Namun, karena satu sisi otak mengontrol sisi tubuh yang berlawanan, stroke yang mengenai satu sisi akan mengakibatkan komplikasi neurologis pada sisi tubuh yang terkena.

Apabila stroke menyerang bagian kiri otak, efeknya bisa seperti:
  • Kelumpuhan di sisi kanan tubuh
  • Masalah bicara/bahasa
  • Gaya perilaku lambat dan hati-hati
  • Hilang ingatan
Stroke yang menyerang bagian kanan otak, dapat memicu kondisi seperti:
  • Kelumpuhan di sisi kiri tubuh
  • Masalah penglihatan
  • Gaya perilaku cepat dan ingin tahu
  • Hilang ingatan
Sementara stroke yang menyerang batang otak tergantung pada tingkat keparahan cedera. Hal itu dapat memengaruhi kedua sisi tubuh dan dapat membuat seseorang dalam keadaan 'terkunci'. Ketika keadaan terkunci terjadi, pasien umumnya tidak dapat berbicara atau melakukan gerakan apa pun di bawah leher.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Diidap Mat Solar Sejak 2017, Penyakit Stroke Bisa Sefatal Ini"