Hagia Sophia

07 March 2023

Selena Gomez ke Fans: Jaga Kesehatan Mental

Selena Gomez mengingatkan soal kesehatan mental. (Foto: Instagram/@selenagomez)

Penyanyi AS Selena Gomez belum lama ini berpesan untuk para penggemarnya untuk menjaga kesehatan mental. Pesan itu ia sampaikan melalui komentar TikTok.

"Tolong, tolong lebih ramah dan pertimbangkan kesehatan mental orang lain. Hatiku terasa berat dan aku hanya menginginkan kebaikan untuk semua orang. Semua cintaku," tulis Selena Gomez.

"Terima kasih dan sangat mencintai kalian semua. Aku sangat berterima kasih untuk kalian semua. Kalian membuat aku bahagia luar biasa," tambahnya.

Selena Gomez diketahui memiliki masalah kesehatan mental seperti bipolar. Masalah kesehatan mental tersebut membuatnya rehat sejenak dari media sosial beberapa hari lalu.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Dikutip dari laman National Health Service (NHS), ada 5 langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan hidup. Apa saja?

1. Terhubung dengan orang lain

Menjalin hubungan baik dengan orang lain penting untuk kesejahteraan mental. Itu dapat membantu membangun rasa 'memiliki' dan memandang diri sendiri berharga. Hubungan dengan sesama memberi kesempatan untuk berbagi pengalaman positif dan saling memberi dukungan emosional.
  • Luangkan waktu setiap hari untuk bersama keluarga
  • Atur hari dengan teman-teman yang sudah lama tidak ditemui
  • Makan siang bersama orang lain
  • Berkunjung ke rumah teman atau keluarga yang butuh dukungan
2. Aktif secara fisik

Menjadi aktif secara fisik tidak hanya bagus untuk kesehatan dan kebugaran, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan mental. Aktivitas ini membantu menetapkan tujuan dan mencapai tantangan. Bergerak aktif menyebabkan perubahan kimiawi di Anda yang membantu mengubah suasana hati Anda lebih positif.
  • Lari-lari kecil dan latihan aerobik membantu meningkatkan kebugaran
  • Latihan kekuatan dan fleksibilitas meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan mengurangi nyeri sendi
3. Pelajari keterampilan baru

Penelitian menunjukkan mempelajari keterampilan baru dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Hal ini karena keterampilan baru meningkatkan kepercayaan diri, membantu terhubung dengan orang lain, dan, membuat Anda memiliki tujuan hidup.
  • Mengerjakan proyek mandiri
  • Mencoba hobi baru
  • Mencoba mengambil tanggung jawab baru di tempat kerja
  • Mengikuti les atau kursus
4. Berbagi kepada orang lain

Penelitian menunjukkan bahwa tindakan memberi dan berbuat baik dapat meningkatkan kesejahteraan mental karena menciptakan perasaan positif dan penghargaan. Berbagi dapat dilakukan dari kebaikan kecil seperti berdonasi atau menjadi sukarelawan.

5. Taruh perhatian pada setiap momen saat ini (mindfulness)

Lebih memperhatikan momen saat ini dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Ini termasuk tubuh, pikiran, perasaan, dan dunia di sekitar Anda. Mindfulness membantu Anda lebih menikmati hidup dan memahami diri sendiri lebih baik. Itu dapat secara positif mengubah perasaan Anda tentang kehidupan dan cara menghadapi tantangan.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pesan Menyentuh Selena Gomez Buat Fans, Minta Jaga Kesehatan Mental"