Hagia Sophia

07 March 2023

Inikah Pemicu Istri Ed Sheeran Kena Tumor Saat Hamil?

Istri Ed Sheeran diketahui mengidap tumor saat mengandung anak kedua. (Foto: Instagram/cheddylover)

Istri penyanyi Ed Sheeran, Cherry Seaborn, terkena tumor saat mengandung anak kedua. Kabar ini diungkap melalui akun Instagram-nya @teddysphotos.

"Dalam kurun waktu sebulan, istriku yang sedang hamil mengidap tumor, tanpa jalan untuk pengobatan hingga setengah persalinan," kata Sheeran dikutip dari Instagram-nya.

"Saya berputar-putar melalui ketakutan, depresi, dan kecemasan," lanjut artis itu. "Saya merasa seperti tenggelam, kepala di bawah permukaan, melihat tetapi tidak bisa menembus udara," lanjut keterangan tersebut.

Meski demikian, penyanyi asal Inggris ini tidak menjelaskan secara rinci mengenai detail tumor yang diidap sang istri.

Apa Saja Penyebab Tumor?

Menurut dokter spesialis kandungan EMC Healthcare Pulomas, Pulo Gadung, Jakarta Timur dr Caroline Tirtajasa, SpOG(K), penyebab tumor bersifat unknown etiology atau tidak diketahui penyebab pastinya. Meskipun tidak diketahui penyebabnya, dr Caroline menyebutkan faktor pemicunya.

"Jadi penyebab tumor kandungan ini sebenarnya tidak diketahui. Dia itu unknown etiology," ujar dr Caroline dalam tayangan detikpagi, Senin (6/2/2023)

"Multifaktor ya. Multifaktor di sini itu interaksi antara faktor hormonal, genetik, dan keturunan," lanjutnya.

Faktor hormonal dan genetik merupakan faktor alami pemicu tumor rahim yang tidak bisa diubah. Akan tetapi, dr Caroline menambahkan faktor yang bisa diubah yaitu faktor lingkungan.Gaya hidup sehat atau healthy lifestyle merupakan salah satu faktor lingkungan. Gaya hidup sehat meliputi pola makan, pola hidup, dan pola menjaga kesehatan.

"Healthy lifestyle itu bukan cuma urusan makan makanan sehat doang, ya. Termasuk olahraga, tidur cukup, stres management, dan yang saya sebut terakhir check-up rutin tahunan, itu bagian dari healthy lifestyle juga," kata dr Caroline.

Menjaga hidup sehat merupakan salah satu langkah pencegahan tumor. Sebab sekali lagi, faktor hormonal dan genetik tidak bisa diubah.

"Hormonal-genetic nggak bisa ubah, ya jalani aja healthy lifestyle. Moga-moga bagus hasilnya," ujarnya.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Istri Ed Sheeran Kena Tumor saat Hamil Anak Kedua, Ini Kemungkinan Pemicunya"