Hagia Sophia

21 April 2023

Tips Alami dan Sederhana untuk Hilangkan Bau Mulut

Foto: iStock

Bau mulut terkadang membuat seseorang kurang percaya diri. Bahkan penyakit bau mulut atau halitosis ini kadang tidak disadari oleh orang yang memilikinya.

Penyebab dari bau mulut ada berbagai macam, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, atau kebersihan mulut yang buruk. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau mulut? Simak penjelasannya dalam artikel berikut:

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Sederhana

Mulut yang segar dan bebas dari bau tidak sedap bisa didapatkan dengan cara yang mudah dan sederhana. Ada berbagai cara dalam menghilangkan bau mulut mulai dari melakukan hal-hal yang konsisten maupun menggunakan bahan alami. Mengutip dari laman Yankes Kemenkes, berikut ini beberapa cara dalam menghilangkan dan mencegah bau mulut:

1. Sikat Gigi dan Lidah Secara Rutin
Membersihkan gigi dan lidah secara rutin dapat menghilangkan bau mulut. Langkah sederhana ini dapat dilakukan minimal dua kali sehari atau sesudah makan dan sebelum tidur.

Lidah juga menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Cara mudahnya, bersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi atau kerokan secara lembut. Lalu bersihkan juga sela-sela gigi menggunakan benang (dental floss). Cara ini bisa menghilangkan bau mulut akibat makanan yang tersangkut di gigi.

Kamu juga bisa memeriksakan secara rutin ke dokter mulut dan gigi setiap 6 bulan sekali agar terhindar dari bau mulut yang tidak sedap. Pastinya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut juga.

2. Berkumur dengan Obat Kumur
Setelah menyikat gigi, kamu juga bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash. Tujuannya agar mulut bersih dari bakteri dan sisa-sisa makanan. Ada berbagai jenis obat kumur yang bisa kamu pilih, seperti eucalyptol, menthol, thymol, dan methyl salicilate. Bahan tersebut bisa mengurangi bau mulut dan mencegah bakteri mulut berkembangbiak.

3. Minum Air Putih yang Banyak
Cara selanjutnya yakni perbanyak minum air putih. Bau tak sedap pada mulut bisa disebabkan karena mulut kering. Dengan minum air putih kamu bisa mengatasi mulut kering sekaligus mencegah dehidrasi. Minumlah air setidaknya 8 gelas sehari atau 2 liter.

4. Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Bau Mulut
Mengkonsumsi makanan berbau tajam juga bisa menjadi penyebab bau mulut, seperti bawang putih, jengkol, petai, bawang bombai mentah dan lain sebagainya. Aroma tidak sedap dari makanan tersebut dapat tertinggal di mulut. Cara mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan yakni segera sikat gigi dan berkumur apabila mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut.

Cara lainnya, kamu bisa mengonsumsi sayuran atau buah-buahan yang bisa menyegarkan mulut seperti jeruk, apel, wortel, dan timun. Tujuannya agar merangsang produksi air liur dan mengandung antioksidan yang dapat mengurangi bakteri di mulut.

5. Berhenti Merokok
Salah satu penyebab bau mulut yakni merokok. Kandungan kimia pada rokok dapat menyebabkan peradangan dan infeksi gusi. Asap rokok juga membuat mulut tidak sedap. Dengan berhenti merokok bisa menjadi cara untuk mengatasi bau mulut.

Selain cara sederhana di atas, ada beberapa cara alami dalam mengatasi bau mulut.

Cara Alami Mengatasi Bau Mulut

Dilansir dari laman Puskesmas Kuta Selatan, Badung. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa mengatasi bau mulut:

1. Cuka Sari Apel
Menggunakan cuka sari apel dapat membantu mengatasi bau mulut. Kandungan antibakteri pada cuka sari apel bisa membantu mengembalikan keseimbangan pH mulut kamu. Cara alami ini dapat kamu lakukan dengan melarutkan 1-2 sendok makan cuka dalam segelas air. Lalu berkumurlah dengan larutan tersebut selama 3-5 menit. Bilas dengan air biasa.

2. Jahe
Jahe memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menghilangkan bau mulut serta berbagai jenis infeksi mulut dan tenggorokan. Caranya mudah, cukup siapkan 1 sendok teh jahe lalu parut, kemudian tambahkan air hangat dan gunakan untuk berkumur. Lakukan setidaknya 3 kali sehari untuk mengatasi bau mulut.

3. Kayu Manis
Kayu manis bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi bau mulut. Kandungan kayu manis memiliki sifat antimikroba yang bisa mensterilkan mulut kamu. Selain itu kamu bisa mencampurnya dengan madu dan lemon. Lemon memiliki sifat asam yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH mulut.

Caranya cukup campurkan kayu manis dan madu serta lemon dengan perbandingan 1/2 sendok makan bubuk kayu manis, 1-2 sendok makan madu, dan 2 lemon yang sudah diambil airnya. Tambahkan air hangat dan aduk merata. Gunakan larutan itu untuk berkumur setelah menggosok gigi.

4. Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan fitokimia yang bersifat antibakteri. Kandungan ini bisa menghilangkan bau mulut. Caranya rendam 1 kantong teh hijau di dalam secangkir air panas selama beberapa menit. Lalu tambahkan madu. Minum racikan teh hijau tersebut setiap hari.

5. Minyak Kelapa
Minyak kelapa adalah bumbu dapur yang mudah dijumpai dan sering digunakan sebagai obat alami. Kandungan antiinflamasi dan antimikroba bisa mencegah bau mulut.

Caranya dengan siapkan 1 sendok makan minyak kelapa lalu jadikan obat kumur selama 5-10 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut mulai dari langkah sederhana hingga menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Menghilangkan Bau Mulut, Sederhana dan Alami"