Hagia Sophia

21 April 2023

Tips Puasa Bagi Pengidap Radang Usus

Begini tips lancar puasa untuk pengidap radang usus. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ATHVisions)

Bagi orang yang mengidap penyakit khusus, menjalani puasa perlu dilakukan dengan memperhatikan kondisi kesehatan. Salah satunya pasien penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease (IBD).

IBD merupakan gangguan pencernaan yang bersifat kronis. Penyakit ini terdiri dari dua jenis yaitu penyakit Crohn's disease (CD) dan ulcerative colitis (UC).

Terdapat beberapa pandangan terkait boleh tidaknya berpuasa jika mengidap penyakit ini. Beberapa studi menyebutkan bahwa puasa tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan gejala IBD. Namun, ada baiknya pasien IBD melakukan puasa dengan berhati-hati dan dimonitor secara ketat.

Pendapat lain menyebut bahwa puasa aman bagi pengidap radang usus. Konsultan gastroentero hepatologi sekaligus ketua umum Pengurus Besar Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia (PB PEGI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, MMB, SpPD, K-GEH, FACP, FACG, FINASIM menjelaskan bahwa pengidap IBD yang berada dalam keadaan tidak aktif atau remisi diperbolehkan untuk puasa.

Jika ingin berpuasa, terdapat beberapa tips yang bisa diikuti para pengidap radang usus:
  • Lakukan puasa pada kondisi yang tidak kambuh atau sedang dalam kondisi remisi gejala.
  • Konsultasikan kondisi pasien dan mendapat persetujuan dokter untuk manjalankan puasa. Perhatikan apa yang boleh dan tidak untuk pola puasa yang baik. Bila kondisi sedang memburuk atau terdapat gejala kekambuhan sebaiknya tidak berpuasa.
  • Sahur dan berbuka puasa tepat waktu dan dengan jumlah asupan yang baik. Utamakan asupan dengan gizi seimbang dan jenis asupan yang diperbolehkan oleh dokter. Perlu diperhatikan juga untuk menjauhi asupan yang menjadi pencetus radang usus tersebut.
  • Cukupi asupan dengan keseimbangan cairan tubuh. Hindari minuman dengan kadar kafein, tinggi gula, dan soda untuk mencegah kekambuhan gejala IBD.
  • Kelola puasa dan jangan dipaksakan bilamana tidak merasa cukup kuat untuk menjalaninya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cara Aman Puasa bagi Pengidap Radang Usus, Termasuk Batasi Gula-Kafein"