Hagia Sophia

21 April 2023

Bolak-balik ke RS, Isyana Sarasvati Didiagnosis Penyakit Lupus

Isyana Sarasvati. (Foto: Instagram @isyanasarasvati)

Penyanyi Isyana Sarasvati didiagnosis penyakit lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Melalui akun Instagram pribadi @isyanasarasvati, Isyana membagikan kondisi kesehatannya.

"Story time!! Mungkin byk yg bertanya2 aku kenapa, kaya bolak balik RS mulu beberapa waktu ke belakang. Intinya nya akhir taun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE. Nah skrg Ig flare. Begitu. Hehe. Sudah ditangani dengan sangat baik disini, feeling so so much better nowww," tulisnya, Kamis (20/4/2023).

Dalam unggahan tersebut, terlihat Isyana yang sedang tersenyum ke arah kamera dengan tangannya yang diinfus.

Kepada penggemarnya, pelantun 'Tetap Dalam Jiwa' ini mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan istirahat sejenak. Ia pun meyakinkan bahwa dirinya kini sudah mulai membaik.

Apa Itu SLE?

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, penyakit lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) adalah salah satu penyakit autoimun rematik yang bersifat sistemik.

Dikenal sebagai penyakit seribu wajah, lupus disebabkan oleh gangguan sistem pertahanan tubuh akibat sistem imun seseorang tidak berfungsi normal sehingga menyerang sel-sel tubuhnya sendiri dan menyebabkan kerusakan organ tubuh.

Tidak ada dua kasus lupus yang persis sama. Tanda dan gejala dapat muncul secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, dapat ringan atau berat, dan dapat bersifat sementara atau permanen.

Kebanyakan orang dengan lupus memiliki episode yang disebut flare. Episode ini terjadi ketika tanda dan gejala memburuk untuk sementara, kemudian membaik atau bahkan hilang sama sekali untuk sementara waktu.

Beberapa gejala lupus di antaranya:
  • Kelelahan
  • Demam
  • Nyeri sendi, kaku dan bengkak
  • Ruam berbentuk kupu-kupu di wajah yang menutupi pipi dan pangkal hidung atau ruam di tempat lain di tubuh
  • Lesi kulit yang muncul atau memburuk dengan paparan sinar matahari
  • Jari tangan dan kaki yang memutih atau membiru saat terkena dingin atau selama periode stress
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Mata kering
  • Sakit kepala, kebingungan dan kehilangan memori
Peradangan yang disebabkan oleh lupus dapat mempengaruhi banyak sistem tubuh, seperti persendian, ginjal, kulit, sel darah, otak, jantung, dan paru-paru. Beberapa orang dilahirkan dengan kecenderungan mengembangkan lupus, yang mungkin dipicu obat-obatan tertentu, atau bahkan sinar matahari.

Meskipun tidak ada obat khusus untuk lupus, beberapa pengobatan dapat membantu mengendalikan gejalanya.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Isyana Sarasvati Beberkan Alasan Dirinya Bolak-balik RS, Ternyata Idap Ini"