Hagia Sophia

21 April 2023

Beberapa Tips untuk Atasi Bad Mood

Ilustrasi bad mood. Foto: iStock

Kata bad mood sendiri adalah kata yang sangat familiar kita temukan di kehidupan sehari-hari. Pasalnya, manusia memiliki sifat yang moody-an alias mood naik turun.

Memang pada dasarnya suasana hati seseorang tidak bisa tenang dan bahagia selamanya. Ada kalanya hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga membuat mood yang awalnya baik menjadi buruk. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui arti suasana hati dan informasi penting tentangnya.

Meski cukup populer, ternyata masih banyak yang belum paham loh apa arti bad mood sebenarnya. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui apa arti kata bad mood.

Arti Kata Bad Mood

Istilah bad mood berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu bad dan mood. Secara umum kita mengetahui jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata bad berarti buruk, sedangkan mood berarti suasana hati atau emosi. Jadi secara harfiah, arti bad mood adalah suasana hati yang buruk.

Tapi bad mood bukan hanya suasana hati yang buruk saat kamu sedang sedih atau marah. Kondisi mood dapat bermanifestasi sebagai reaksi negatif seseorang terhadap sesuatu. Suasana hati yang buruk juga sering dibarengi dengan hilangnya semangat dalam bekerja atau melakukan sesuatu.

Cara Mengatasi Bad Mood

Bad mood bisa terjadi karena kurang tidur, terjebak di rumah, berantem dengan seseorang, dan lain sebagainya. Terlebih pada wanita, suasana hati buruk lazim terjadi saat masa pra menstruasi.

Dilansir dontchangemuch, berikut 7 tips untuk mengatasi bad mood yang bisa kamu aplikasikan:

1. Jalan-jalan
Berjalan-jalanlah dan hiruplah udara segar. Cara yang sangat mudah untuk menghilangkan suasana hati yang buruk adalah dengan mengubah lingkungan kamu. Lebih baik lagi, habiskan waktu di luar ruangan dan di alam. Hal ini telah dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

2. Senyum
Asli atau palsu, tindakan tersenyum memicu otak kamu untuk melepaskan endorfin, zat kimia alami yang meredakan stres dan membuat kamu merasa nyaman. Lebih baik lagi, nyalakan film komedi favorit kamu. Tertawa yang baik membantu kita melepaskan emosi yang tertahan.

3. Perhatikan cara kamu bernapas
Bergeraklah dan keluarkan tenaga. Jika masalah benar-benar membuat kamu kesal dan kamu merasa sangat kesal, olahraga kardio seperti lari di tangga atau mendaki gunung adalah yang terbaik. Ini akan membantu kamu merasa lebih baik dan mengurangi stres, membuat kamu merasa lebih bahagia.

4. Visualisasikan tempat yang membuat kamu bahagia
Pikirkan tempat, gambar, atau momen favorit kamu, dan jagalah agar tetap positif. Entah kamu melihat diri sendiri berada di puncak Pegunungan atau di barisan depan konser (jika kamu masih ingat bagaimana rasanya menonton musik secara langsung), visualisasi dapat membantu menenangkan kamu.

5. Dengarkan lagu favorit kamu
Putar musik favorit kamu, atau ikuti irama musik dengan daftar putar kami. Musik adalah pemicu emosi dan dapat menjadi cara terbaik untuk menjernihkan pikiran kamu, sehingga kamu dapat menempatkan masalah ke dalam perspektif.

6. Luangkan waktu 5 menit untuk tidak melakukan apa-apa
Isi ulang daya baterai selama beberapa menit. Apapun situasinya, pergilah dan tutup pintu-jangan membantingnya. Setelah kamu sendirian, ambil napas dalam-dalam. Beri diri kamu izin untuk tidak melakukan apapun selama 5 menit, lalu fokuskan mata kamu pada satu hal. Setiap kali kamu merasa pikiran kamu mengembara, kembalikan ke titik fokus. Hal ini akan memperlambat otak kamu untuk memikirkan hal berikutnya.

7. Bersyukur
Kamu terjebak macet, atasan kamu membuat kesal, atau pasangan kamu sedang berselisih akhir-akhir ini? Pikirkan sesuatu yang kamu syukuri dan luangkan waktu sejenak untuk menyadari betapa beruntungnya kamu. Ini mungkin terdengar seperti hal yang mudah untuk dilakukan, tapi berhentilah sejenak dan buatlah daftar 5 hal yang kamu syukuri saat ini. Sudah merasa lebih baik?

Nah itu dia tadi arti kata 'bad mood' serta tips mengatasinya. Jadi, apa saja cara yang kamu lakukan untuk menghibur diri saat kamu sedang bad mood? Silahkan berbagi di kolom komentar ya!





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Arti Kata Bad Mood dan 7 Tips Mengatasinya!"