Hagia Sophia

17 May 2023

Beberapa Tips untuk Obati Asam Lambung Naik

Foto: Ilustrasi asam lambung (iStock)

Lambung adalah organ yang memiliki fungsi sebagai penerima makanan yang disalurkan dari kerongkongan lalu lambung akan mengeluarkan asam dan enzim yang bisa mencerna makanan. Jika lambung tidak dijaga dengan baik akan menyebabkan masalah Kesehatan seperti maag dan asam lambung.

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi adanya zat asam pada lambung lalu naik ke kerongkongan. Pada saat asam lambung naik, akan menimbulkan rasa seperti panas pada dada, mual-mual, lidah terasa pahit hingga terlalu sering bersendawa.

Obat untuk menyembuhkan penyakit asam lambung ini sudah banyak dijual, namun jika ketergantungan obat akan membahayakan fungsi organ-organ pada tumbuh, maka sebaiknya mengurangi pemakaian obat-obatan dan cobalah pengobatan alami.

Jadi, bagaimana cara mengobati asam lambung naik tanpa menggunakan obat-obatan? Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel ini.

Cara Mengobati Asam Lambung Naik

Dikutip dari laman web Healthline dan Health Harvard, berikut cara mengobati asam lambung naik tanpa obat-obatan:

1. Mengunyah Permen Karet
Cara mengobati asam lambung naik dengan mengunyah permen karet karena permen karet mengandung bikarbonat yang memiliki dampak efektif dalam membantu menetralkan asam pada lambung.

Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat membantu membersihkan kerongkongan dari asam lambung.

2. Tinggikan Bantal Kepala pada Saat Tidur
Beberapa orang mengalami asam lambung pada malam hari dan berdampak pada kualitas tidur dan membuat lebih sulit untuk tertidur.

Cara mengobati asam lambung pada malam hari disarankan untuk mengubah posisi tidur dengan meninggikan bantal pada bagian kepada, hal ini akan membantu mengurangi gejala asam lambung dan membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Posisi Tidur Yang Miring Ke Kiri
Salah satu cara mengobati asam lambung adalah dengan mengubah posisi tidur menjadi miring ke kiri, dalam penjelasan anatomi hal ini dapat menurunkan paparan asam di kerongkongan hingga 71%.

Jika tidur miring ke kanan, asam lambung akan menutupi sfingter esofagus bagian bawah, meningkatkan resiko asam lambung naik, sedangkan jika tidur menghadap miring ke kiri sfingter esofagus bagian bawah berada di atas tingkat asam lambung.

4. Makan Malam Lebih Awal
Cara mengobati dan mencegah asam lambung naik dengan mengusahakan makan malam lebih cepat dari biasanya dan menghindari makan dalam waktu 3 jam sebelum tidur.

Karena jika berbaring setelah makan akan membuat pencernaan lebih sulit dan berpotensi memperburuk gejala asam lambung.

5. Jangan Memakan Bawang Mentah
Cara mengobati asam lambung naik salah satunya dengan tidak memakan bawang mentah, karena bawang mentah merupakan pemicu umum untuk asam lambung naik dan mulas.

Bawang mentah juga lebih sulit untuk dicerna dan dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan mulas yang semakin parah.

6. Makan Lebih Sedikit dan Lebih Sering Makan
Cara mengobati asam lambung dengan mengubah cara pola makan yaitu dengan mengambil porsi makanan dalam jumlah kecil, namun jika beberapa jam kemudian terasa lapar, tidak masalah untuk Kembali makan tetapi dengan porsi yang cukup.

7. Menjaga Berat Badan
Cara mengobati asam lambung naik dengan menjaga berat badan tetap seimbang, karena berat badan berlebihan akan menyebabkan tekanan pada otot perut.

Berat badan berlebihan juga akan menimbulkan resiko asam lambung naik dan merasa mulas. Maka sebaiknya menjaga berat badan dengan berolahraga dan konsumsi makanan yang sehat.

8. Diet Rendah Karbohidrat
Cara mengobati asam lambung naik dengan mengikuti diet rendah karbohidrat karena, karbohidrat yang tidak tercerna dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan dan peningkatan tekanan di dalam perut yang dapat menimbulkan asam lambung naik.

Maka dari itu, diet rendah karbohidrat atau mengurangi makan makanan yang berkarbohidrat akan menjadi pengobatan yang efektif.

9. Batasi Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Alkohol dapat memperburuk gejala asam lambung, karena alkohol menurunkan sfingter esofagus bagian bawah dan mengganggu kemampuan kerongkongan untuk membersihkan asam.

Maka cara mengobati asam lambung naik dan mencegahnya dengan cara membatasi asupan minuman beralkohol.

10. Mengurangi Minum Kopi
Salah satu cara mengobati asam lambung naik dengan mengurangi minum kopi karena kafein pada kopi membuat sfingter esofagus bagian bawah naik dan menyebabkan asam lambung naik. Maka kurangi mengkonsumsi minuman kopi untuk mencegah terjadinya asam lambung naik.

11. Mengurangi Minuman Bersoda
Minuman bersoda adalah minuman yang berbahaya bagi yang memiliki penyakit asam lambung karena minuman bersoda memiliki gas karbon dioksida yang dapat menyebabkan seseorang lebih sering bersendawa maka hal ini meningkatkan jumlah asam yang keluar dari kerongkongan.

12. Mengurangi Minum Jus Jeruk
Cara mengobati asam lambung naik dengan mengurangi minum jus jeruk, karena jus jeruk mengandung senyawa asam seperti asam askorbat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dan senyawa asam pada jus jeruk dapat mengiritasi lapisan kerongkongan.

13. Batasi Makanan Pedas Dan Berlemak
Cara mengobati asam lambung naik dengan menghindari atau membatasi makan-makan pedas dan berlemak karena makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan garam empedu dilepaskan ke saluran pencernaan lalu dapat mengiritasi kerongkongan

14. Menghindari Stres
Selain menjaga pola makan dan pola hidup, menjaga pikiran agar tidak stress juga menjadi cara mengobati asam lambung naik, karena stress menimbulkan naiknya asam lambung.

Selain menimbulkan naiknya asam lambung, stress juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya lainnya seperti tekanan dara tinggi dan serangan jantung.

Nah, itulah cara mengobati asam lambung naik dengan alami atau tidak menggunakan obat-obatan tetapi jangan lupa untuk tetap konsultasi ke dokter ya. Semoga info ini dapat menambah pengetahuan detikers!




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berikut 14 Cara Mengobati Asam Lambung Naik Tanpa Pengobatan Medis"