Hagia Sophia

17 May 2023

Rapper Asal Korsel Didiagnosa Alami Penyakit Hepatitis A

BIG Naughty didiagnosis hepatitis A. (Foto: Instagram @bignaughtyboi)

Seorang rapper asal Korea Selatan BIG Naughty membagikan kabar tidak mengenakkan. BIG Naughty didiagnosa mengalami penyakit hepatitis A. Penyakit tersebut harus membuatnya rehat sejenak untuk melakukan pengobatan.

Karena penyakit yang ia idap, BIG Naughty terpaksa harus membatalkan konser yang akan ia laksanakan. Konser tersebut harusnya dilaksanakan di Keimyung University pada 15 Mei 2023.

"Aku minta maaf karena harus langsung menuju rumah sakit untuk melakukan karantina," ucap BIG Naughty dikutip dari akun media sosialnya, Selasa (16/5/2023).

"Nantinya jika kondisiku lebih baik, aku akan mempersiapkan penampilan yang terbaik untuk Keimyung. Sekali lagi aku minta maaf," sambungnya.

Ketika didiagnosis mengalami hepatitis A, BIG Naughty sempat mengalami gejala demam tinggi hingga akhirnya harus menerima perawatan.

Gejala Hepatitis A

Dikutip dari WHO, hepatitis A merupakan penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Biasanya penyakit ini dapat menular melalui konsumsi makanan dan air yang terkontaminasi atau kontak langsung dari orang yang terinfeksi.

Salah satu faktor risiko yang meningkatkan risiko penyakit hepatitis A adalah kurang menjaga kebersihan hingga sanitasi buruk.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat dialami oleh pasien hepatitis A:
  • Demam
  • Rasa tidak enak pada tubuh
  • Kehilangan nafsu makan
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Perut tidak nyaman
  • Urine berwarna gelap
  • Mengalami penyakit kuning yang terlihat pada mata dan kulit
Perlu diwaspadai, penyakit hepatitis A juga sering tidak menunjukkan gejala. Pada anak-anak, gejala penyakit kuning hanya terjadi sebanyak 10 persen.

Hepatitis A terkadang bisa kambuh, artinya orang yang baru sembuh masih bisa jatuh sakit lagi. Kondisi ini memerlukan proses pemulihan yang intensif.

Penanganan dan Pencegahan Hepatitis A

Tidak ada pengobatan khusus untuk hepatitis A. Pemulihan dari gejala setelah infeksi mungkin akan berjalan lambat dan memakan waktu yang cukup lama. Proses pemulihan bisa memakan waktu mingguan hingga bulanan. Obat-obatan seperti asetaminofen, parasetamol, dan obat melawan muntah harus dihindari.

Rawat inap juga tidak diperlukan dalam penanganan hepatitis A jika tidak ada penyakit gagal hati akut. Terapi yang dilakukan ditujukan untuk menjaga kenyamanan dan keseimbangan nutrisi yang memadai. Termasuk penggantian cairan tubuh yang hilang akibat muntah dan diare.

Adapun ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terinfeksi hepatitis A. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
  • Suplai air minum bersih dan aman yang memadai
  • Pembuangan limbah yang tepat
  • Melakukan praktik kebersihan pribadi seperti mencuci tangan teratur sebelum makan dan setelah pergi ke kamar mandi
  • Melakukan vaksin hepatitis A




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rapper Korsel BIG Naughty Sakit Hepatitis A, Jalani Karantina di RS"