Hagia Sophia

17 May 2023

Kondisi Khloe Kardashian Usai Lakukan Operasi Kanker Kulit

Kondisi Khloe Kardashian pasca operasi kanker kulit. (Foto: YouTube Hulu)

Dalam cuplikan terbaru serial TV "The Kardashians", Khloe Kardashian menceritakan lebih lanjut pengalamannya dalam berjuang melawan kanker kulit yang sempat diidapnya.

"Melanoma itu mematikan. Ini lebih serius dari yang saya antisipasikan," ujarnya dalam cuplikan tersebut.

Dikutip dari Today, Khloe pertama kali mengungkap diagnosis melanoma atau kanker kulit yang dialaminya pada Oktober 2022 lalu. Ia mengaku pertama kali merasakan kejanggalan karena melihat adanya benjolan kecil pada wajahnya. Namun, awalnya Khloe mengira benjolan itu hanyalah sebuah jerawat.

Ia akhirnya memutuskan untuk melakukan biopsi setelah melakukan konsultasi pada dokter kulit. Dua dokter kulit mencurigai adanya kemungkinan kondisi kelainan kulit yang tidak umum terjadi pada pasien seusianya.

"Setelah menyadari adanya benjolan kecil pada wajah saya dan menganggap bahwa itu hanyalah jerawat. Saya memutuskan untuk melakukan biopsi 7 bulan setelah menyadari bahwa benjolan itu tidak hilang," ungkap Khloe.

Setelah didiagnosis dengan kondisi melanoma atau kanker kulit, wanita berusia 38 tahun itu diketahui 'tidak tidur' dan kehilangan banyak berat badan. Pengalamannya dalam melawan kanker kulit bisa dibilang menjadi salah satu momen terberat dalam hidupnya.

"Saya rasa saya tidak pernah melihat Khloe berada di titik serendah ini," ujar Malika Haqq, salah satu sahabat Khloe.

Beberapa hari setelah menjalankan biopsi, ia dianjurkan untuk segera menjalankan operasi pengangkatan tumor pada wajahnya. Dalam cuplikan yang sama juga memperlihatkan bekas jahitan panjang pada pipi Khloe setelah menjalankan operasi. Selama beberapa minggu, Khloe juga harus menggunakan perban sebagai proses penyembuhan dan untuk melindungi wajahnya.

"Saya menjalankan operasi pengangkatan tumor dari wajah saya beberapa waktu lalu. Jadi saya menggunakan (perban) ini untuk proses penyembuhan dan mencegah lukanya semakin parah. Semuanya baik dan sedang penyembuhan," kata Khloe.

Ia memutuskan untuk membagikan pengalamannya untuk meningkatkan kesadaran banyak orang terkait pentingnya melakukan pemeriksaan jika merasakan adanya hal yang tidak biasa pada kulit.

"Tolong anggap ini sebagai suatu hal yang serius dan lakukanlah pemeriksaan rutin secara mandiri, serta pemeriksaan ke dokter secara berkala," pungkasnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Khloe Kardashian Buka-bukaan Kondisi Terbarunya Pasca Operasi Kanker Kulit"