Hagia Sophia

17 May 2023

Arkeolog Temukan Puing Rumah Sakit dan Pemakaman di Dasar Laut

Penampakan sisa-sisa rumah sakit dan pemakaman di bawah laut. (Foto: National Park Service)

Arkeolog menemukan sisa-sisa rumah sakit dan pemakaman abad ke-19 di bawah air di pantai lepas Florida Keys. Puing-puing rumah sakit karantina kecil dan kuburan di sekitarnya ditemukan di sebuah pulau yang terendam di Taman Nasional Dey Tortugas di Garden Key.

Rumah sakit itu disebut digunakan untuk merawat pasien demam kuning di Fort Jefferson antara tahun 1890 hingga 1900. Fort Jefferson adalah bekas benteng pantai militer AS di Taman Nasional Dry Tortugas Florida.

Sementara pemakaman diyakini sebagai pemakaman Fort Jefferson Post, tempat peristirahatan puluhan tentara AS.

National Park Service (NPS), lembaga yang mengelola semua taman di AS menyatakan bahwa sejauh ini hanya ada satu nisan yang berhasil diidentifikasi oleh tim penelitian ini. Nisan tersebut diketahui adalah milik buruh John Greer, yang meninggal pada November 1861.

NPS juga turut menyatakan bahwa temuan under-the-sea yang menarik ini merupakan bagian dari survei yang dilakukan staf taman, anggota Pusat Sumber Daya Terendam, Pusat Arkeologi Tenggara, dan Fogarty.

"Temuan menarik ini menyoroti potensi cerita yang tak terhitung di Taman Nasional Dry Tortugas, baik di atas maupun di bawah air," ucap Joe Marano, seorang arkeolog maritim dan direktur studi ini, dikutip dari New York Post, Selasa (16/5).

"Meskipun sebagian besar sejarah Fort Jefferson berfokus pada benteng itu sendiri dan beberapa tahanannya yang terkenal, kami secara aktif bekerja untuk menceritakan kisah orang-orang yang diperbudak, wanita, anak-anak, dan pekerja sipil," lanjutnya.




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Mengejutkan, Arkeolog Temukan Puing Rumah Sakit di Bawah Laut"