Hagia Sophia

17 May 2023

Beberapa Obat Asam Urat Alami yang Mudah Ditemukan

Ilustrasi asam urat (Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Asam urat atau bisa disebut dengan gout adalah sebuah penyakit yang menyebabkan artritis, sebuah keluhan peradangan atau nyeri pada sendi. Asam urat sendiri disebabkan oleh penumpukan senyawa purin yang tinggi dalam darah.

Senyawa yang dapat dimetabolisme menjadi asam urat tersebut bisa didapatkan dari konsumsi makanan mengandung purin seperti hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi, dan daging merah.

Normalnya, purin yang telah dimetabolisme menjadi asam urat akan larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun kadar asam urat yang tinggi dan berlebih akan membuat persendian penderita membengkak hingga memerah.

Serangan asam urat yang kambuh akan membuat penderita sangat kesakitan dan tidak nyaman. Selain pengobatan dari dokter, terdapat beberapa pengobatan alami untuk asam urat yang bisa dijadikan pilihan untuk membantu mengurangi rasa sakit serta mengontrol kadar asam urat dalam darah.

Lantas apa sajakah obat asam urat alami yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit ini? Yuk simak informasinya berikut ini.

8 Obat Asam Urat Alami yang Mudah Didapatkan

Terdapat banyak obat asam urat yang mudah ditemui. Mulai dari seledri hingga daun sirsak, berikut penjelasannya.

1. Seledri
Seledri merupakan tumbuhan yang bisa dikonsumsi sebagai salah satu obat alami untuk masalah asam urat. Penggunaan seledri sebagai salah satu obat asam urat cukup populer meskipun masih sedikit penelitian ilmiah.

Seledri baik dalam bentuk ekstrak maupun biji sayuran dipercaya dapat mengurangi peradangan asam urat pada penderita. Seledri bisa diolah menjadi jus, olahan makanan

2. Jahe
Jahe menjadi salah tumbuhan herbal yang sejak lama dikenal memiliki banyak sekali khasiat di dalamnya. Selain digunakan sebagai bumbu olahan makanan, jahe juga mampu untuk mengatasi rasa sakit dan mengurangi kadar asam urat.

Saat rasa sakit mulai kambuh, jahe bisa diolah sebagai alat kompres pada sendi yang meradang. Caranya adalah dengan memarut jahe sebanyak 1 sendok makan, kemudian direbus dalam air mendidih.

Setelahnya, rendam kain dalam air jahe yang telah direbus dan menempelkannya ke area yang terasa sakit selama 15 hingga 30 menit.

Cara ini dipercaya ampuh untuk mengurangi rasa sakit secara eksternal. Namun sebelum menggunakan metode kompres, sebaiknya melakukan beberapa tes di area kulit terlebih dahulu untuk menghindari iritasi.

Sedangkan untuk mengontrol kadar asam urat, jahe bisa diseduh sebagai minuman. Caranya, merebus jahe selama 10 menit di air yang mendidih. Untuk hasil yang lebih baik, jahe bisa dikonsumsi sebanyak 3 gelas dalam sehari.

3. Lemon
Lemon menjadi salah satu buah yang bisa dijadikan obat alami dalam mengatasi asam urat.

Menurut penelitian, lemon diyakini dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Cara mengkonsumsinya juga dapat dikombinasi dengan berbagai olahan sehat lainnya. Air perasan lemon dapat dicampurkan ke dalam air hangat dan sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

4. Cuka Apel
Cuka apel selain menjadi salah satu bahan masak yang ada di dapur, juga bisa dikonsumsi sebagai obat alami dalam mengatasi asam urat. Cuka apel mengandung tinggi kalium yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Siloam Hospital, kandungan asam asetat dalam cuka apel mampu mengurangi risiko penyakit yang dapat mempengaruhi asam urat seperti obesitas dan diabetes.

Cuka apel juga berfungsi sebagai antiinflamasi alami sehingga mampu meredakan peradangan atau mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan asam urat.

Cuka apel bisa dicampurkan dalam olahan jus buah atau minuman lainnya sebanyak 2 sendok teh. Untuk hasil yang lebih baik, cuka apel bisa dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari.

5. Buah Ceri
Berdasarkan data survey tahun 2016 yang diambil dari PubMed Central, buah ceri menjadi salah satu buah yang sangat populer untuk dijadikan obat alami asam urat.

Dalam sebuah studi pada tahun 2012, ceri juga dipercaya dapat mencegah serangan asam urat. Ceri direkomendasikan dikonsumsi oleh penderita asam urat sebanyak tiga porsi dalam 2 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Kompres Air Hangat/Dingin
Menggunakan kompresan air hangat atau dingin juga dipercaya cukup efektif dalam mengatasi bengkak pada sendi akibat asam urat.

Banyak pendapat studi yang tumpang tindih mengenai penggunaan kompres air dingin atau hangat. Mengompres bagian sendi yang bengkak cukup banyak direkomendasikan dan dianggap bekerja lebih efektif. Sedangkan, kompresan air hangat biasanya digunakan ketika pembengkakan pada sendi tidak terlalu parah.

7. Susu Rendah Lemak
Susu rendah lemak atau susu olahan lainnya seperti yogurt dan keju diyakini memiliki manfaat baik bagi penderita asam urat. Kandungan protein dalam susu bermanfaat melancarkan pembuangan asam urat melalui urine sehingga mampu membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Mengkonsumsi susu rendah lemak juga bisa mengurangi kambuhnya asam urat pada penderita.

8. Air Putih
Air putih menjadi salah satu obat alami yang baik bagi penderita asam urat. Mengonsumsi air putih dengan kadar yang cukup dapat membantu menjadikan asam urat mudah larut dan tidak menumpuk dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, penderita asam urat disarankan untuk mengonsumsi air putih hangat yang dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga metabolisme dalam tubuh akan meningkat.

9. Daun Sirsak
Daun sirsak mengandung vitamin A dan C di dalamnya, di mana keduanya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

Untuk mengkonsumsinya, daun sirsak dapat direbus untuk kemudian dihidangkan menjadi minuman herbal dan bisa dikonsumsi rutin setiap harinya.

Nah, itu dia obat-obat alami asam urat yang mudah ditemukan dan mudah untuk diolah. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai kadar konsumsi yang lebih aman bagi penderita asam urat. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya, detikers!




























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "8 Obat Asam Urat Alami yang Mudah Ditemukan dan Cara Mengolahnya"