Hagia Sophia

02 June 2023

Berikut Ini Gejala Rabies yang Terjadi pada Hewan

Ilustrasi anjing rabies. Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

Kementerian Kesehatan RI menyoroti, Indonesia sempat mencatat lonjakan kasus rabies pada 2022. Sedangkan sejauh ini sepanjang 2023, sudah ada 31 ribu kasus gigitan hewan penularan rabies (GHPR) dengan 11 kasus kematian.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi menjelaskan, pada manusia, gejala awal rabies berupa demam, letih, dan lesu. Jika sudah berkembang, akan muncul fobia pada air (hidrofobia) dan cahaya (fotofobia).

"Insomnia, sakit kepala hebat, kemudian sering ditemukan nyeri. Ini yang akhirnya membuat kaku sehingga dia tidak bisa menelan. Kemudian setelah itu lanjut ke rasa kesemutan, kemudian panas di lokasi gigitan," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/6/2023).

"Kemudian timbul fobia yaitu hidrofobia. Dia takut air. Kemudian aerofobia, kemudian fotofobia jadi dia takut dengan cahaya akhirnya meninggal dunia," imbuh Imran.

Lebih lanjut Imran menjelaskan, dengan gejala-gejala tersebut, orang yang sudah memasuki gejala rabies tahap berat memerlukan isolasi di rumah sakit lantaran mereka takut dengan cahaya. Jika terpapar cahaya, pasien rabies akan meraung-raung.

Gejala pada Hewan

Sedangkan pada hewan, salah satu gejala awal rabies adalah hewan menjadi ganas. Gejala tersebut disusul dengan kesulitan menelan, lumpuh, dan mulut tidak bisa tertutup. Walaupun pada beberapa kasus, hewan yang terkena rabies tidak menunjukkan gejala apa pun, kemudian tiba-tiba mati.

"Jadi hewan itu menjadi ganas dan tidak nurut pada pemiliknya. Jadi hati-hati kalau biasanya punya anjing yang penurut kemudian suatu saat dia tidak menurut akan menggigit, itu hati-hati. Kemudian tidak mau menelan, lumpuh, mulut terbuka kemudian drooling air liurnya keluar terus karena dia nggak bisa menutup mulutnya," jelasnya.

"Kemudian dia juga fotofobia makanya dia bersembunyi di tempat gelap. Kemudian ekornya dilengkungan ke bawah perut, kemudian kejang sampai mati," pungkas Imran.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kemenkes Ungkap Sederet Gejala Rabies, dari Demam hingga Fobia Air dan Cahaya"