Hagia Sophia

02 June 2023

Cerita Asal Mula Pasangan Malaysia yang Batal Nikah Gegara Idap Thalasemia

Viral pasangan di Malaysia batal menikah karena sama-sama mengidap thalassemia. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Kostyazar)

Viral kisah pasangan di Malaysia yang terpaksa harus membatalkan rencana pernikahannya. Ini dilakukan pasca mengetahui bahwa keduanya mengidap penyakit yang sama.

Awalnya, sang wanita bernama Farra Diana dan pasangannya berencana akan segera menikah. Sebelum menikah, Farra memutuskan melakukan tes thalassemia untuk mengecek kondisinya.

Namun, betapa terkejutnya setelah mengetahui bahwa dia dan pasangannya ternyata mengidap penyakit kelainan darah thalassemia. Kenyataan itu membuat pasangan tersebut berdiskusi tentang masa depannya, karena keduanya ingin segera memiliki anak pasca menikah.

Farra mengetahui jika calon bayi dari orang tua pengidap thalassemia nantinya harus bergantung pada transfusi darah agar bisa tetap sehat.

"Seperti yang saya setujui dengan apa yang dia katakan, 'kita tidak boleh egois. Kami jatuh cinta dan bertemu satu sama lain pun, adalah berkah. Tapi kesian (kasihan) calon bayi kami'," tulis Farra di akun Twitter miliknya, @FarraDiana, yang dilihat detikcom Rabu (31/5/2023).

"Tapi aku masih berharap ada keajaiban. Pada akhirnya, kami berdua sepakat ini adalah cara terbaik," lanjutnya.

Mengetahui kemungkinan tersebut, pasangan ini memilih untuk mengakhiri hubungannya. Meski sedih dan saling cinta, mereka tetap memprioritaskan keturunan mereka dibandingkan kebahagiaan mereka sendiri.

"Dia mengirimi saya ini, dengan pertanyaan 'ingin mempostingnya, tapi macam ntah lah. itu bukan kabar baik'. Dan saya 'kami telah mengumumkan secara terbuka bahwa kami bertunangan kan. Saya pikir pantas juga untuk mengatakan bahwa kita tidak lagi bersama. Dan penyebabnya adalah talasemia'," tulis Farra yang kepada Malay Mail.

Apa Itu Thalassemia?

Thalassemia adalah kelainan darah bawaan yang dapat menyebabkan tubuh membentuk hemoglobin yang tidak normal. Hemoglobin merupakan molekul protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen.

Saat dua orang pembawa atau carrier thalassemia menikah, kemungkinan bisa mewariskan penyakit tersebut pada anaknya. Ada kemungkinan 25 persen anak dari hasil pernikahan tersebut menderita thalassemia mayor.

Dikutip dari laman Public Health England, kondisi thalassemia mayor ini bisa terjadi jika kedua orang tua kandung dari anak tersebut adalah pembawa thalassemia beta. Ini adalah kondisi thalassemia mayor yang paling umum dan serius.

Jika kedua pasangan merupakan mengidap dan menjadi pembawa thalassemia, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Berikut rinciannya:
  • Kemungkinan 1 dari 4 atau sekitar 25 persen bayi mewarisi thalassemia mayor
  • Kemungkinan 2 dari 4 bayi atau 50 persen menjadi pembawa atau carrier thalassemia
  • Kemungkinan 1 dari 4 bayi atau 25 persennya memiliki hemoglobin A biasa

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Awal Mula Pasangan Terpaksa Batal Nikah gegara Idap Penyakit yang Sama"