Hagia Sophia

02 June 2023

Ini Beberapa Manfaat Protein untuk Tubuh, Bisa Bikin Otot Kuat

Foto: Getty Images

Protein merupakan salah satu zat gizi yang penting bagi tubuh. Banyak sekali manfaat yang protein berikan bagi tubuh manusia.

Dilansir dari buku Metabolisme Protein (2017) karya Eddy Suprayitno dan Titik Dwi S, istilah protein berasal dari bahasa Yunani yaitu "proteos" yang berarti utama atau didahulukan. Bahkan seorang ahli kimia yang bernama Gerardus Mulder juga menyebutkan bahwa protein merupakan zat yang paling penting dalam setiap organisme.

Untuk mengetahui tentang apa saja manfaat protein bagi tubuh manusia, simak artikel berikut ini hingga akhir.

10 Manfaat Protein

Dikutip dari laman Healthline, dan Lybrate, berikut merupakan beberapa manfaat dari protein:

1. Membantu Meningkatkan Massa Otot
Mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, dapat membantu Anda untuk mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan massa otot saat melakukan latihan kekuatan. Jika Anda aktif dalam berolahraga secara fisik dan mencoba untuk membentuk otot, pastikan bahwa Anda selalu mengonsumsi protein yang cukup.

2. Baik Untuk Tulang
Orang yang mengonsumsi lebih banyak protein cenderung memiliki massa tulang yang lebih baik. Selain itu, seseorang dengan asupan protein yang baik juga memiliki risiko osteoporosis dan patah tulang yang jauh lebih rendah.

Walaupun terdapat mitos yang mengatakan bahwa protein hewani buruk untuk tulang karena protein meningkatkan beban asam dalam tubuh, yang menyebabkan pelepasan kalsium dari tulang, namun sebagian besar penelitian telah menunjukan bahwa protein nyatanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tulang.

3. Mencegah Penyakit yang Berkaitan dengan Jantung
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa protein membantu mencegah tekanan darah yang tinggi sehingga membantu meningkatkan kesehatan jantung. Diet kaya protein juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya penyakit jantung.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Protein dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena antibodi yang dimiliki manusia dan berfungsi untuk melawan berbagai penyakit rupanya terdiri dari protein. Salah satu sumber protein seperti yoghurt yang kaya akan bakteri probiotik ini, baik untuk sistem pencernaan sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menyehatkan Kulit
Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak protein seperti ikan dan makanan laut lainnya. Ikan seperti ikan salmon mengandung lemak omega-3 yang sangat baik untuk kulit.

6. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah yang tinggi merupakan penyebab utama dari serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal kronis. Namun menariknya asupan protein yang tinggi telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan salah satu penelitian telah menemukan bahwa selain menurunkan tekanan darah, diet kaya protein juga dapat menurunkan kolesterol jahat.

7. Dapat Menekan Nafsu Makan
Makanan yang kaya protein merupakan makanan yang mengenyangkan dan membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan protein mengurangi tingkat hormon ghrelin (hormon lapar) dan meningkatkan kadar peptide (hormon yang membuat tubuh merasa kenyang).

8. Menurunkan Berat Badan
Diet tinggi protein cenderung meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi asupan kalori dan menghilangkan massa lemak di tubuh. Walaupun begitu, mengimbangi asupan protein dengan berolahraga tentu akan menjadi hal yang lebih baik untuk mempertahankan penurunan berat badan.

9. Mencegah Kerusakan Rambut
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keratin (protein yang terkandung pada kulit, rambut, dan kuku) dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan membuat rambut lebih berkilau. Salah satu sumber protein yang kaya akan keratin adalah telur. Mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, tentunya telur dapat membantu dalam mencegah kerusakan rambut.

10. Menghilangkan Kecemasan
Protein juga dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan dan depresi. Sumber protein seperti kacang almond, kenari, dan kacang mete, memiliki protein yang tinggi dan magnesium yang berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan sistem syaraf.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "10 Manfaat Protein Bagi Tubuh Manusia, Salah Satunya Bikin Otot Kuat"